INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL

NIA DANIATI, NIM. 10481010 (2014) INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (488kB)

Abstract

NIA DANIATI, Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah hasil prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV yang kurang baik menunjukkan bahwa interaksi edukatif di sana kurang begitu maksimal. Hal tersebut dipicu oleh berbagai permasalahan yang dialami guru dan siswanya. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut guru melakukan upaya-upaya untuk memaksimalkan interaksi edukatif sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru untuk meningkatkan interaksi edukatif yaitu dengan pergantian tempat duduk, memaksimalkan pola interaksi edukatif, memberikan motivasi, media yang real, materi dijelaskan secara detail, reinforcement, penilaian majemuk, memahami setiap individu, reward and educational sanctions, memberikan resitasi, metode bervariasi, dan penerapan sistem evaluasi. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa sebesar 28% dari jumlah siswa kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Itu dilihat dari perbandingan antara hasil ujian akhir semester pada semester 1 dengan hasil ulangan harian pada semester 2. Pada semester 1 presentase ketuntasan belajar sebesar 48%, sedangkan pada semester 2 mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu sebesar 76%. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam interaksi edukatif guru dengan siswa sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV berasal dari guru dan siswanya itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Pembelajaran PKn, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 11 Jul 2014 05:39
Last Modified: 04 Apr 2017 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item