MAKSIMALISASI PROGRAM REWARD DI PERPUSTAKAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO I BANTUL

RENNI RATNAWATI , NIM. 10480007 (2014) MAKSIMALISASI PROGRAM REWARD DI PERPUSTAKAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO I BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MAKSIMALISASI PROGRAM REWARD DI PERPUSTAKAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO I BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (MAKSIMALISASI PROGRAM REWARD DI PERPUSTAKAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO I BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Renni Ratnawati, “Maksimalisasi Program Reward di Perpustakaan dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI Ma’arif Giriloyo I Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV; (2) mengetahui maksimalisasi program reward; (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat maksimalisasi program reward yang diterapakan di perpustakaan; (4) mengetahui dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari adanya program reward di perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Ma’arif Giriloyo I Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentansi. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV sebelum diterapkannya program reward, minat belajar para siswa masih rendah dan setelah diterapkannya program tersebut minat belajar para siswa dikatakan meningkat; (2) masksimalisasi program reward di perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV antara lain sebagai berikut: display buku, menjalin kerjasama dengan perpustakaan keliling, mempromosikan perpustakaan lewat leaflet dan pameran buku-buku baru, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan tugas kepada siswa dengan melibatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, membantu para siswa menemukan buku yang sesuai dengan minatnya, memberikan reward yang lebih bermanfaat, meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik, menjalin kerjasama dengan guru, membaca masal dan lomba mading; (3) faktor pendorong antra lain: fasilitas yang cukup memadai, ramah dalam pelayanan, kebersihan ruang perpustakaan, sumber daya manusia, seleksi koleksi yang dilakukan guru dan pustakawan, dan bahan pustaka atau koleksi yang cukup lengkap. Sedangkan faktor penghambat antara lain: kurangnya komunikasi antara kepala perpustakaan dengan pustakawan, tenaga yang terbatas, terhambatnya dana, kurangnya waktu berkunjung di perpustakaan dan perpustakaan belum digunakan sebagai tempat pembelajaran secara maksimal. Berdasarkan hambatan-hambatan tersebut menjadikan program reward tidak berjalan dengan maksimal; (4) dampak positif adalah para siswa lebih aktif dan rajin ke perpustakaan untuk belajar dan meminjam buku, prestasi para siswa meningkat hal ini terbukti nilai-nilai harian para siswa cukup bagus serta hasil ujian semester 1 mencapai KKM, wawasan siswa bertambah dan perpustakaan lebih ramai pengunjungnya. Sedangkan dampak negatif adalah siswa pergi ke perpustakaan hanya semata-mata untuk mencari reward, buku-buku cepat rusak dan buku di rak terlihat tidak rapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: maksimalisasi, program reward, minat belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 01:03
Last Modified: 28 Feb 2017 04:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item View Item