MAWDU'AT FIQH AL LUGHAH FI AL KITAB AL QADIMAH WA AL HADITH (DIRASAH TARIKHIYYAH MUQARANAH) SALAFIYAH 2 BI MA'HAD AL MUNAWWIR AL ISLAMIY KRAPAYAK YOGYAKARTA FI AL SANAH 1434 - 1435 H (AL DIRASAH AL IRTIBATIYAH FI NAJAHID AL TALABAH FI DIRASAH AL TARJAMAH)

ALFATIH, NIM. 08110041 (2014) MAWDU'AT FIQH AL LUGHAH FI AL KITAB AL QADIMAH WA AL HADITH (DIRASAH TARIKHIYYAH MUQARANAH) SALAFIYAH 2 BI MA'HAD AL MUNAWWIR AL ISLAMIY KRAPAYAK YOGYAKARTA FI AL SANAH 1434 - 1435 H (AL DIRASAH AL IRTIBATIYAH FI NAJAHID AL TALABAH FI DIRASAH AL TARJAMAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MAWDU'AT FIQH AL LUGHAH FI AL KITAB AL QADIMAH WA AL HADITH (DIRASAH TARIKHIYYAH MUQARANAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MAWDU'AT FIQH AL LUGHAH FI AL KITAB AL QADIMAH WA AL HADITH (DIRASAH TARIKHIYYAH MUQARANAH))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa al-Quran, juga merupakan bahasa umat Islam dalam melakukan ritual ibadah mereka, hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya bahasa Arab adalah bahasa utama bagi umat Islam, baik untuk sarana memahami Islam secara lebih rinci dengan merujuk pada kitab-kitab aslinya, juga untuk sarana berdakwah. Oleh sebab itu kita juga perlu mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan bahasa Arab yang pada kesempatan kali ini peneliti ingin mengkaji muatan dari Fiqh al-Lughah yang dimiliki oleh ats-Tsa’alabi. Mengkaji fiqh al-lughah terasa penting ketika seseorang ingin mengetahui lebih dalam tentang bahasa, baik dari segi makna atau bahkan sejarah dari bahasa itu sendiri. Di sinilah akhirnya penulis merasa pentingnya penguraian fiqh al-lughah milik ats-Tsa’alabi lalu mencoba membandingkannya dengan buku-buku fiqh al-lughah yang lainnya sehingga dapat khalayak ketahui posisi dari buku fiqh al-lughah milik ats-Tsa’albi. Adapun permasalahan yang dapat dikaji dari deskrifsi buku ini di antaranya: 1. Apa perbedaan dari Fiqh al-Lughah dan Ilmu al-Lughah? 2. Apa saja Tema-tema yang terdapat pada beberapa buku fiqh al-lughah klasik dan modern? 3. Apa saja perbedaan-perbedaan tema antara buku fiqh al-lughah klasik dan modern? 4. Apa yang mendasari adanya perbedaan antara buku-buku fiqh al-lughah pada masa klasik dan modern? Adapun kajian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kajian pustaka, yaitu dengan mencari dan menela’ah sumber-sumber yang diperlukan dari kepustakaan. Dari data-data yang terhimpun penulis akan memadukan dan menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan tema-tema yang terdapat dalam buku-buku fiqh al-lughah klasik dan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: Fiqh al lughah, bahasa arab
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jul 2014 08:37
Last Modified: 10 Jul 2015 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item View Item