UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEXCARDMATCHBAGI SISWA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN 2013/2014

YULIA ZAMZANAH , NIM. 13485241 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEXCARDMATCHBAGI SISWA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEXCARDMATCHBAGI SISWA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEXCARDMATCHBAGI SISWA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH MUNGGUR TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (372kB)

Abstract

Upaya Peningkatan Prestasi BBelajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bagi Siswa Kelas III Di MI Muhammadiyah Munggur Tahun 2013/2014 “. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2014. Rendahnya nilai matematika kelas III MI Muhammadiyah Munggur merupakan masalah utama yang terjadi dalam pembelajaran. Sebagian siswa masih belum mencapai nilai yang telah ditentukan. Materinya banyak dan waktu yang disediakan terbatas, sedangkan guru dalam pemberian materi hanya ceramah dan siswa hanya mendengar dan mencatat. Maka diperlukan suatu penelitian untuk mengatasi masalah yang dihadapi untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Matematika siswa kelas III MI Muhammadiyah Munggur Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang guru dalam suatu proses belajar mengajar guna perbaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu prestasi belajar yang optimal. Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertempat di MI Muhammadiyah Munggur yang diikuti oleh 11 siwa kelas III. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan observasi ( pengamatan ). Dari Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan srategi pembelajaran iIndex Card Match prestasi belajar Matematika yang diperoleh siswa kelas III MI Muhammadiyah Munggur tahun pelajaran 2013/2014 menjadi meningkat. Hal ini terbukti bahwa pada kondisi awal pra siklus nilai ulangan harian siswa mendapat nilai tertinggi 70, nilai terendah 30, rata-rata kelas hanya 52,27 dan ketuntasan belajar hanya 45,45%. Sedangkan pada akhir siklus I nilai tertinggi naik 75, nilai terenda 40, rata-rata kelas menjadi 64,10 dan ketuntasan belajar menjadi 54,53% pada akhir siklus II mengalami perubahan untuk nilai tertinggi menjadi90, nilai terendah 50, rata-rata kelas 72,72 dan ketuntasan belajar berhasil mencapai81,80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sarjono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar, Index Card Match, MI Muhammadiyah Munggur
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Sep 2014 02:36
Last Modified: 28 Feb 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item