PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SURYANTI, NIM. 13485284 (2014) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (773kB)

Abstract

Suryanti, “Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Datar Pada Peserta Didik Kelas IIA Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sultan Agung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014”. Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Minat belajar memiliki peran yang besar dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. MI Sultan Agung Depok Sleman sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berupaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang optimal dengan mendayagunakan seluruh sumberdaya yang ada. Demikian halnya dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas IIA ditemukan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik.Antusias peserta didik dalam pembelajaran matematika sangat rendah,peserta didik kurang aktif dan merasa bosan terhadap pelajaran matematika dan peserta didik juga menganggap pelajaran matematika sebagai pelajaran yang menakutkan dan membosankan sehingga keinginan untuk belajar matematika hampir tidak ada sehingga sangat perlu sekali untuk diadakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dalam rangka meningkatkan minat belajar matematika pada peserta didik. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan minat belajar peserta didik melalui media bangun datar dalam pembelajaran matematika dengan tujuan memberikan gambaran penggunaan media bangun datar untuk mempelajari sifat-sifat bangun datar sederhana dan peningkatan minat belajar peserta didik terhadap penggunaan media bangun datar tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil observasi setiap siklus dilakukan penghitungan presentase untuk mengetahui peningkatan minat yang terjadi di kelas yang meliputi observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I adalah sebesar 65,00% dan pada siklus II sebesar 91,78%. Berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik dalam mempelajari sifat-sifat bangun datar meningkat sebesar 26,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Sarjono,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : minat belajar, matematika, media bangun datar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Oct 2014 01:45
Last Modified: 04 Apr 2017 04:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14048

Actions (login required)

View Item View Item