UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TAHUN 2013/2014

NAFISAH , NIM. 12415360 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (780kB)

Abstract

Nafisah, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Salafiyah Kebonwage Pada Pelajaran Al Qur‟an Hadis Dengan Strategi Small Group Discussion Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan strategi pembelajaran yang monoton tanpa adanya variasi, yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajarnya, dan mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa pada materi pembelajaran yang disampaikan guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi small group discussion dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadis siwa kelas I MI Muhammadiyah Salafiyah Kebonwage tahun pelajaran 2013/2014. 2) Apakah penerapan strategi small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadis siswa kelas I MI Muhammadiyah Salafiyah Kebonwage tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tindakan, yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa, hasil belajar siswa masih rendah, dengan nilai rata-rata kelas yang hanya mencapai 60,5 dan masih di bawah KKM sebesar 70, dengan siswa yang telah memenuhi KKM hanya 9 orang saja atau 45% dari subjek yang diteliti. Setelah menerapkan strategi small group discussion, pada tindakan siklus I secara klasikal nilai rata-rata kelas telah dapat ditingkatkan dan mencapai KKM, dengan perolehan rata-rata kelas 74,5, dan secara individu, 14 siswa atau 70 % dari 20 subjek telah dapat memenuhi KKM sebesar 70. Pada tindakan siklus II, jumlah siswa yang telah mampu memenuhi KKM sebesar 70 meningkat menjadi 18 siswa atau 90 % dari subjek yang diteliti, dengan perolehan rata-rata kelas aalah 79. Dengan demikian, penggunaan strategi small group discussion terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Muhammadiyah Salafiyah Kebonwage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Meningkatkan, Strategi Small Group Discussion.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 02:15
Last Modified: 27 Feb 2017 03:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item