UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS 3 MI Al ISLAM DONOMULYO KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENERAPAN CARD SORT TAHUN AJARAN 2013/ 2014

SITI EKA PUJI LESTARI , NIM. 12485192 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS 3 MI Al ISLAM DONOMULYO KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENERAPAN CARD SORT TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS 3 MI Al ISLAM DONOMULYO KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENERAPAN CARD SORT TAHUN AJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS 3 MI Al ISLAM DONOMULYO KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG MELALUI PENERAPAN CARD SORT TAHUN AJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (168kB)

Abstract

Siti Eka Puji Lestari, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Kelas 3 MI Al Islam Donomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang Melalui Penerapan Metode Card Sort Tahun Ajaran 2013/2014 ”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan dalam penelitian ini yaitu yang pertama mendiskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran IPA kelas III MI Al Islam Donomulyo Kecamatan Secang Magelang dengan menggunakan metode card sort. Yang kedua mendiskripsikan minat dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Donomulyo Kecamatan Secang Magelang setelah penerapan metode card sort. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode card sort dalam pembelajaran IPA, yang melibatkan peserta didik secara langsung agar pembelajaran akan lebih bermakna. Di samping itu suasana belajar yang menyenangkan akan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Di MI Al Islam Donomulyo proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik, guru masih berperan aktif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centere). Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan metode card sort dalam pembelajaran IPA di kelas III MI Al Islam Donomulyo prestasi peserta didik sangat baik, (2) penerapan metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik sangat tepat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang meningkat, pada siklus I (77, 47) dan pada siklus II mencapai rata-rata (80,23). Penerapan metode card sort dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA MI, Metode Card Sort, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:11
Last Modified: 28 Feb 2017 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item