UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI GROUP RESUME MATERI PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MIM SURADADI 2 SAWANGAN MAGELANG

NURUL ARIFAH, NIM .12485179 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI GROUP RESUME MATERI PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MIM SURADADI 2 SAWANGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI GROUP RESUME MATERI PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MIM SURADADI 2 SAWANGAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI GROUP RESUME MATERI PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI MIM SURADADI 2 SAWANGAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (831kB)

Abstract

NURUL ARIFAH. “ Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi group resume materi pelajaran IPS kelas V MI Muhammadiyah Suradadi 2 Sawangan Magelang”. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Muhammadiyah Suradadi 2 Sawangan Magelang, yang berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif untuk menganalisa hasil tes berupa nilai rerata. Nilai rerata dianalisis dengan menggunakan cara statistic deskriptif. Analisis data kualitatif dilakukan untuk menganalisis hasil observasi lapangan dan dokumen tugas siswa. Indicator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kualitas proses ( keaktifan, pemahaman, dan ketekunan siswa dalam pembelajaran) dan kualitas produk, criteria keberhasilan produk dalam meresume materi pelajaran didasarkan pada peningkatan keberhasilan siswa dalam mencapai taraf keberhasilan minimal yang ditentukan, yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal yaitu sebesar 7. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dengan diterapkannya strategi group resume, kualitas pembelajaran menjadi semakin meningkat, dengan indikasi meningkatnya keaktifan, pemahaman, dan ketekunan siswa dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, kemampuan hasil belajar siswa juga meningkat, terbukti nilai rata-rata pra tindakan sebesar 6.00 dengan siswa yang mencapai KKM 33.33%, pasca tindakan siklus I sebesar 7.00 dengan pencapaian KKM 66.67% dan pasca tindakan siklus II sebesar 8.25 dengan pencapaian KKM 91.67% kemudian pasca tindakan siklus III sebesar 8.50 dengan pencapaian KKM 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Group Resume, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 00:55
Last Modified: 27 Feb 2017 04:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item