STUDI TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

MIFTAHUL HUDA - NIM. 03420272, (2008) STUDI TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

ABSTRAK MIFTAHUL HUDA. Studi Tentang Minat Belajar Bahasa Arab, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di kelas X A SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab siswa kelas X A serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar siswa tersebut terhadap bahasa Arab. Minat belajar siswa dalam penelitian ini meliputi beberapa faktor seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif kepada seluruh elemen yang terkait dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas X A SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Dengan tujuan untuk menyajikan analisa kontekstual secara detail mengenai kondisi atau kejadian tertentu dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X A yang berhubungan dengan minat belajar mereka terhadap bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisa induktif atau inductive analysis yang digunakan untuk menemukan sebuah kategori berdasarkan data yang terkumpul. Kategori tersebut dapat merupakan pola yang berupa keteraturan, atau berupa tema permasalahan yang muncul dari data dan kategori tersebut muncul setelah proses analisa data dilaksanakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di kelas X A SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta belum berjalan dengan optimal. Karena, siswa kelas X A belum mampu berpartisipasi dan berperan aktif secara maksimal baik mental maupun tindakan dalam pembelajaran. Selain itu, minat belajar bahasa Arab siswa kelas X A dapat dikatakan rendah. Karena, mereka belum mampu memusatkan perhatian terhadap materi pelajaran secara intensif, tidak memiliki rasa keingintahuan terhadap bahasa Arab dan tidak memiliki motivasi yang besar serta tidak memiliki kebutuhan untuk belajar bahasa Arab. Adapun usaha yang dilakukan oleh pengajar dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta ialah: mencari metode yang mampu memberikan rasa senang kepada siswa dalam belajar bahasa Arab, mengkaitkan atau menghubungkan pelajaran bahasa Arab dengan pelajaran yang lain agar siswa lebih tergugah untuk belajar bahasa Arab serta memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan memahami buku-buku yang ditulis dengan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 19 Jun 2012 15:32
Last Modified: 31 Mar 2017 07:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item