PERBEDAAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) IJARAH PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)

AGISTA KENCANA SARI , NIM. 10390146 (2014) PERBEDAAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) IJARAH PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) IJARAH PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES))
10390146_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) IJARAH PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES))
10390146_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

Terdapat beberapa penelitian tentang pengaruh obligasi syariah (sukuk) terhadap reaksi investor, namun penelitian tersebut tidak mengkhususkan obligasi syariah apa yang diteliti, dan hasil yang ditunjukkan cukup beragam. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah serta bagaimana efek peristiwa pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah terhadap return saham di sekitar pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah. Penelitian dilakukan terhadap 11 sampel perusahaan sesuai kriteria sampel yang melakukan pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah. Masing-masing sampel menggunakan 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah peristiwa pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah sebagai periode pengamatan (window period). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode event study untuk menunjukkan ada tidaknya perbedaan return saham di periode peristiwa sebelum dan sesudah penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah. Untuk menguji hipotesis digunakan uji paired sample t-test dengan tingkat signifikansi α=5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara return saham sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah dan pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah tidak memberikan efek terhadap return saham di sekitar pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah. Secara umum investor beranggapan bahwa peristiwa pengumuman penerbitan obligasi syariah (sukuk) ijarah tersebut bukan suatu peristiwa yang berarti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M. Ag. - Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Obligasi Syariah (sukuk) Ijarah, Return Saham, Teori Sinyal (Signaling Theory), Price Pressure Hypothesis, Selection Criteria Hypothesis.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 10:43
Last Modified: 27 Sep 2016 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum