PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA I

PANCARIDA KUROTA A'YUNIN - NIM. 04141703 , (2008) PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

ABSTRAK PANCARIDA KUROTA A'YUNIN. Pengaruh Pendidikan Pemakai Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan di MTsN Yogyakarta 1 dan usahausaha yang dilakukan pustakawan terhadap pengguna (siswa) untuk memanfaatkan perpustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTsN Yogyakarta 1 yang terdiri dari 5 kelas, berjumlah 180 siswa. Sampel diambil 25 % dari jumlah siswa kelas II, sehingga dari 180 siswa ditentukan 45 siswa sebagai responden. Metode dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner, pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reliabilitas instrumen pendidikan pemakai sebesar 0,753, dan reliabilitas instrumen pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,852. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian adalah teknik analisis regresi linier tunggal. Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu ada penggaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan yang ditandai dengan korelasi antara variabel X dan variabel Y dengan nilai R square (R2 ) atau koefisien determinasinya adalah 0,168. Nilai hitung T sebesar 2,950 angka ini jauh lebih besar dari nilai t tabel 1,9845. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada penggaruh yang signifikan (nyata) dari variabel pendidikan pemakai terhadap variabel pemanfaatan perpustakaan di MTsN Yogyakarta 1. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan pustakawan terhadap pengguna (siswa) untuk dapat memanfaatkan perpustakaan diantaranya adalah pustakawan memberikan hadiah atau penghargaan pada siswa yang aktif berkunjung ke perpustakaan setiap enam bulan sekali, penambahan buku secara berkala, penyediyaan audiovisual untuk kegiatan belajar mengajar (KBM), melayani peminjaman buku tahunan (buku paket) dan instidental (sewaktu-waktu), dan melengkapi vasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: MARWIYAH, M.LIS
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pemakai, Pemanfaatan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 27 Jun 2012 17:26
Last Modified: 23 Dec 2016 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum