MUSIQIY ASH'AR IBNU RASHIQ FI KITAB IBNU RASHIQ AL QAYRUNIY LI MUHAMMAD SALAMAH YUSUF RAHMAH (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH)

MUHAMMAD FERRY ULLA, NIM. 08110065 (2014) MUSIQIY ASH'AR IBNU RASHIQ FI KITAB IBNU RASHIQ AL QAYRUNIY LI MUHAMMAD SALAMAH YUSUF RAHMAH (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MUSIQIY ASH'AR IBNU RASHIQ FI KITAB IBNU RASHIQ AL QAYRUNIY LI MUHAMMAD SALAMAH YUSUF RAHMAH (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MUSIQIY ASH'AR IBNU RASHIQ FI KITAB IBNU RASHIQ AL QAYRUNIY LI MUHAMMAD SALAMAH YUSUF RAHMAH (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Musiqi asy’ari Ibn Rasyiq fi Kitabi Ibn Rasyiq li Muhammad Salamah Yusuf Rahmah (Dirasah Tahliliyyah ‘Arudiyyah). Penulisan skripsi ini dilatar belakangi munculnya seorang penyair yang terkenal pada abad ke 4 yang dikenal dengan nama Ibn Rasyiq. Salah satu keunggulan Ibnu Rasyiq al-qairawany sebagai mana yang telah dikatakan Ibnu Khalkan1, dia adalah penyair yang mempunyai jiwa sastra yang sangat tinggi pada masanya, dia juga mempunyai beberapa kitab karanganya sendiri, kitab-kitabnya seperti: al-Umdah fi Ma’rifati Sanangati syi’r wa Naqadihi wa Uyubihi, Qaradah ad-Dahb, dan lain sebagainya. Tidak hanya seorang sastrawan, ia juga seorang kritikus yang hebat dalam bidang retorika bahasa, dan juga beliau Ahli dalam bidang Ilmu Arudh. Pada masa Ibnu Rasyiq al-Qairawany sastra mengalami kebangkitan dalam puisi atau syi’ir Arab. Dari sini, perhatian pemerintah dalam memandang puisi atau syi’ir arab sangat serius. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti syair-syair yang yang dikarang oleh Ibnu Rasyiq al-Qairawany, dengan mengajukan dua rumusan pertanyaan; pertama, apa pola-pola wazan atau bahr syi’ir-syi’ir Ibnu Rosyiq al-Qairawany? kedua, apa sajakah konsistensi penggunaan wazan syi’ir Ibnu Rasyiq al-Qairawany (zihaf, illah, dharurah syi’riah)? Adapun tujuannya untuk mengetahui macam-macam wazan dan bahar serta konsistensi (zihaf, illah, dharurah syi’riah) dalam syi’ir-syi’irnya Ibnu Rasyiq al-Qairawany yang terdapat pada kitab “Ibn Rasyiq” yang dikarang oleh Muhammad Salamah Yusuf Rahmah Teori yang peneliti gunakan dan ajukan adalah teori arudl yang diusung dikenalkan oleh imam Kholil karena hanya teori inilah yang mampu membedah dan mendeskripsikan wazan, bahr, zihaf, illah, dan dharurah syi’riah terkandung dalam syair. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan data primer, berupa puisi-puisi Ibnu Rasyiq al-Qairawany yang disusun oleh al-Ustadz Muhammad Salamah Yusuf Rahmat, dan data sekunder berupa referensi-referensi yang berkaitan dengan data primer baik dari buku, jurnal, kamus, website, artikel, maupun sumber-sumber yang lain. Adapun analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif analisis, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian Setelah melakukan penelitian penulis menemukan 5 bahar yang digunakan Ibn Rasyiq al-Qairawany didalam kitab Ibn Rasyiq al-Qairawany yang dikarang oleh Muhammad Salamah Yusuf Rahmah, yaitu bahar tawil, bahar basit, bahar kamil, bahar mujtas. Adapun zihaf yang digunakan berupa khabn, izmar, tayy, qabd, dan kasyf. ‘Illat yang digunakan yaitu hazf, qata’, Hazaz, kasf, waqf. Kemudian darurah syi’riyahnya berupa tahriku as-sakin, ziyadah harakah, isyba’ al-harakah, dan sakin al-harakah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Patah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: MUSIQIY ASH'AR
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Apr 2015 09:17
Last Modified: 02 Apr 2015 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum