EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF JURUSAN DAN PRODI)

MOHAMAD MUHTASAR, NIM. 10240030 (2015) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF JURUSAN DAN PRODI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF JURUSAN DAN PRODI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF JURUSAN DAN PRODI))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mohamad Muhtasar (10240030), Efektivitas Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Pespektif Jurusan dan Prodi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas sistem informasi akademik, serta kelebihan dan kekurangan sistem informasi akademik UIN Sunan Kalijaga dalam perspektif jurusan dan prodi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif dengan pendekatan metode mixed methods. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala sikap likert yang berupa angket dan perhitungannya menggunakan metode statistik. Total populasi dan dalam penelitian ini sebanyak 39 responden, populasi <100 maka sampel menggunakan seluruh total populasi jurusan dan prodi dilingkungan UIN Sunan Kalijaga. Analisis data dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif pendekatan metode mixed methods dengan program SPSS 22.00 for windows. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dalam Sistem Informasi Akademik secara keseluruan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas sistem informasi akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam pespektif jurusan dan prodi, dengan tingkat efektivitas sebesar 66,25%. Dengan uji statistic chi square diperoleh X² hitung sebesar 11,290 dan X² tabel dengan taraf kesalahan 5 % sebesar 5,990, sehingga X² hitung < X² tabel, selain itu diperoleh nilai P sebesar 0,004 dibandingkan dengan 0,05 sehingga P < 0,05. Efektivitas sistem informasi akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta perspektif jurusan dan prodi terdapat kelebihan dan kekurangan yaitu dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan dalam sistem informasi akademik terdapat pada aspek kualitas sistem, yang mana dalam kualitas sistem, sistem informasi akademik sudah terbilang cukup lengkap, baik secara hardware maupun software serta kelengkapan pada tampilan navigasi (Daftar menu), dan hal tersebut juga didukung dengan adanya infrastruktur yang terbilang cukup baik dalam lingkup UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedanga kelemahan dari sistem informasi akademik, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelemahan sistem informasi akademik yaitu terdapat pada aspek kualitas informasi, kualitas proses, kualitas kolaborasi, dan aspek layanan. Hasil wawancara ketika menyebarkan kuesioner, responden mengatakan bahwa dalam aspek tersebut masih kurang adanya kecakapan, kecepatan, ketepatan, ketelitian, dan kelengkapan yang dihasilkan sistem informasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ruspita Rani Pertiwi, S. Psi., M.M.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Sistem Informasi Akademik, Jurusan dan Prodi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:55
Last Modified: 13 Apr 2015 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum