PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH

ISNAINI ARIFAH, NIM. 10670035 (2015) PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (886kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap kreativitas dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Karanganom tahun ajaran 2013/2014 pada materi pokok konsep mol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the static group pretest-postest design. Pengambilan sampel yang dilakukan secara sampling acak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala likert dan tes yaitu pre test dan post test untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Analisis data kreativitas dan prestasi belajar menggunakan uji prasyarat uji normalitas, dan uji homogenitas, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Uji normalitas data kreativitas peserta pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,137 dan 0,200, sedangkan pada data post test sebesar 0,069 dan 0,120. Uji homogenitas pada data kreativitas peserta didik sebesar 0,160, sedangkan data pos test sebesar 0,187. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh pada data kreativitas yaitu sebesar 0,043 < α = 0,05, maka Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh mind map terhadap kreativitas. Hasil uji t post test pada data prestasi belajar peserta didik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,041 < α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode mind map terhadap kreativitas dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: metode pembelajaran, mind map, kreativitas, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:51
Last Modified: 16 Apr 2015 02:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item