PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Penyelesaian Tugas Skripsi)

MARNI, NIM. 1220010004 (2015) PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Penyelesaian Tugas Skripsi). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Penyelesaian Tugas Skripsi))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Penyelesaian Tugas Skripsi))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan koleksi Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Masalah pokok penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi Perpustakaan UIN Alauddin Makassar oleh mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Masalah ini dirinci menjadi sub masalah yaitu a) sejauh mana pemanfaatan koleksi oleh mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan, faktor apa yang mempengaruhi mahasiswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan, dan apa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan koleksi perpustakaan UIN Alauddin Makassar, faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan koleksi dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan koleksi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan analisis kualitatif. Sumber data berasal dari dokumen berupa koleksi dan informan kunci, yaitu para pemustaka yang merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar yang sedang menyelesaikan penulisan skripsi. Di samping itu, untuk melengkapi data yang diinginkan, Kepala Perpustakaan dan staf pustakawan juga dijadikan sebagai informan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Data kemudian diverifikasi, diolah dan dianalisis berdasarkan analisis kualitatif. Analisis data kualitatif bersifat induktif, itu suatu anaisis berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfataan koleksi UIN Alauddin Makassar, khususnya koleksi yang berkaitan dengan jurusan Ilmu Perputakan belum berjalan dengan baik. Mahasiswa menggunakan bahan koleksi melalui cara peminjaman, membaca di tempat, memfotocopi atau mencatat. Koleksi yang paling popular dipinjam adalah koleksi yang berkaitan dengan metodologi penelitian dan ilmu perpustakaan. Hanya saja dari 225 koleksi yang tersedia di perpustakaan hanya 61 judul koleksi (32,6%) di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar yang dimanfaatkan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 126 judul koleksi (67,3%) yang digunakan para mahasiswa sebagai rujukan dalam penulisan skripsi tetapi koleksi tersebut tidak ditemukan di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Kata Kunci : Pemanfaatan, Koleksi, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Koleksi, Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2015 07:44
Last Modified: 07 Mar 2024 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum