ANALISA DIMENSI PSIKOLOGIS TERHADAP BUKU TEKS BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DAN KELAS X MADRASAH ALIYA

ZENI USWATUN HASANAH, NIM 1320411140 (2015) ANALISA DIMENSI PSIKOLOGIS TERHADAP BUKU TEKS BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DAN KELAS X MADRASAH ALIYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISA DIMENSI PSIKOLOGIS TERHADAP BUKU TEKS BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DAN KELAS X MADRASAH ALIYA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISA DIMENSI PSIKOLOGIS TERHADAP BUKU TEKS BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DAN KELAS X MADRASAH ALIYA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji dimensi psikologis buku teks bahasa Arab di kelas VII MTS dan kelas X MA, serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan buku teks bahasa Arab kelas VII MTS dan kelas X MA dalam perspektif psikologi. Metode penelitian ini adalah library research. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni teknik dokumentasi. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dianalisis dengan Content Analysis. Hasil yang diperoleh adalah kajian muatan psikologis dalam buku teks bahasa Arab kelas VII masih terdapat beberapa hal yang belum memperhatikan muatan psikologis diantaranya sistematika penyajian, bagian pendahuluan, dan bagian penyudah. Kajian muatan psikologis dalam buku teks bahasa Arab kelas X terdapat beberapa hal yang belum memperhatikan muatan psikologis diantaranya akurasi konsep dan definisi, akurasi prinsip, sistematika penyajian, bagian pendahuluan, bagian penyudah, dan kekomunikativan. Kelebihan buku teks bahasa Arab kelas VII yakni pada kelengkapan materi, keluasan materi, kedalaman materi, akurasi konsep dan definisi, akurasi prinsip, akurasi prosedur, akurasi contoh, fakta, dan ilustrasi, akurasi soal, penalaran, keterkaitan antar konsep, komunikasi, penerapan/aplikasi, kemenarikan materi, materi pendukung pembelajaran, keruntutan penyajian, penyajian berpusat pada siswa, pengembangan keterampilan proses, bagian isi, bahasa dengan tingkat perkembangan siswa, kekomunikativan, keruntutan dan keterpaduan alur pikir. Sedangkan kelebihan buku teks bahasa Arab kelas X yakni tidak jauh berbeda dengan kelebihan buku teks kelas VII. Perbedaannya terletak pada tidak adanya akurasi konsep dan definisi, akurasi prinsip,dan kekomunikativan. Kata Kunci: Dimensi Psikologi, Buku Teks Bahasa Arab, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dimensi Psikologi, Buku Teks Bahasa Arab, Kurikulum 2013
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 May 2015 01:09
Last Modified: 11 May 2015 01:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item View Item