STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN KOAGULAN PAC (Poly Aluminium Chloride) DAN FLOKULAN ORGANOCLAY(Bentonit-Polydadmac)

NASIK, NIM. 11630038 (2015) STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN KOAGULAN PAC (Poly Aluminium Chloride) DAN FLOKULAN ORGANOCLAY(Bentonit-Polydadmac). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN KOAGULAN PAC (Poly Aluminium Chloride) DAN FLOKULAN ORGANOCLAY(Bentonit-Polydadmac))
11630038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN KOAGULAN PAC (Poly Aluminium Chloride) DAN FLOKULAN ORGANOCLAY(Bentonit-Polydadmac))
11630038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sintesis, karakterisasi dan aplikasi organoclay yang digunakan sebagai flokulan. Organoclay dibuat dari bentonit yang diinteralasi dengan polydadmac. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas flokulan organoclay dalam menurunan adar COD dan TSS pada limbah cair tahu. Dalam penelitian ini terdapat lima tahap utama yaitu pengukuran kadar COD dan TSS pada air limbah sebelum ditambahkan koagulan dan flokulan, sintesis organoclay, karakterisasi organoclay dengan instrument FT-IR dan XRD, aplikasi organoclay dan pengukuran kadar COD dan TSS pada air limbah setelah ditambahkan dengan koagulan dan flokulan. Hasil karakterisasi menggunakan FT-IR menunjukan adanya interaksi antara bentonit dengan polydadmac. Hasil tersebut diperkuat dengan data XRD. Kemampuan organoclay sebagai flokulan dengan penambahan koagulan PAC dalam menurunkan kadar COD pada limbah cair tahu berkisar antara 24,52% - 51,78% sedangkan dalam menurunkan kadar TSS berkisar antara 76,63% - 95-32%. Massa optimum organoclay dalam menurunkan kadar COD dan TSS sebesar 3,5 gram. Waktu kontak optimum dalam menurunkan kadar COD dicapai selama 60 menit sedangkan dalam menurunkan kadar TSS dicapai selama 40 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irwan Nugraha, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Organoclay, polydadmac, PAC, limbah cair tahu, COD dan TSS
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 10:20
Last Modified: 23 Jul 2015 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum