PENGEMBANGAN MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SD/MI KELAS V SEMESTER I

SISWI NURAINI, NIM. 10480019 (2015) PENGEMBANGAN MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SD/MI KELAS V SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SD/MI KELAS V SEMESTER I)
10480019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SD/MI KELAS V SEMESTER I)
10480019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Siswi Nuraini, “Pengembangan Magic Disc Aksara Jawa Sebagai Media Pembelajaran Mandiri untuk Siswa SD/MI Kelas V Semester I”.Skripsi. Yogyakarta: PGMI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan magic disc aksara Jawa (MDAJ) sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa SD/MI kelas Vsemester I; (2) mengetahui kelayakan hasil pengembangan MDAJ sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa SD/MI kelas Vsemester I;(3) mengetahui respon siswa terhadaphasil pengembangan MDAJsebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa SD/MI kelas Vsemester I; dan(4) mengetahui kelebihan dan kekuranganMDAJ sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa SD/MI kelas V semester I. Penelitian ini, merupakan penelitian R&Ddengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap ketujuh.Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar skala penilaian. Media pembelajaran ini dinilai oleh ahli materi, ahli media, 2 peer reviewer, dan 2 guru. Media pembelajaran ini juga direspon oleh 10 siswa kelas V MI Al-Anwar melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis pada tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu tersusun media pembelajaran MDAJ dengan materi aksara Jawa dan pasangannya. Hasil penilaian dari ahli materi adalah Baik dengan skor 41, penilaian ahli media adalah Baik dengan skor 39, penilaian peer reviewer I adalah Sangat Baik denganskor 85, penilaian peer reviewer II adalah Sangat Baik dengan skor 87, penilaian guru I adalah Sangat Baik denganskor 92, dan penilaian guru II adalah Sangat Baik denganskor 89 sehingga media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan respon 10 siswa kelas V MI Al-Anwar adalah 100% siswa merespon positif dengan skor rata-rata keseluruhan 13,90. Kelebihanmedia pembelajaran ini adalahmenarik bagi siswa untuk belajar menulis aksara Jawa dan pasangannya. Penggunaannya fleksibel, dapat digunakan untuk variasi metode pembelajaran di kelas maupun untuk pembelajaran mandiri yang praktis. Kekurangan dari media pembelajaran MDAJ ini adalah media pembelajaran ini membutuhkan perawatan yang baik agar tidak hilang dan cepat rusak. Hasil cetakan font aksara Jawa tidak dapat 100% sempurna karena penggunaan font aksara Jawa akan tercetak sempurna jika ditulis langsung dalam penulisan microsoft office, padahal untuk finishingperlu menggunakan Corel Draw, sehingga hasilnya kesan huruf yang terlihat sedikit kabur masih ada, namun huruf aksara Jawa tersebut masih dapat terbaca dengan jelas untuk dapat dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: R&D, Media Pembelajaran Mandiri, Magic Disc, Aksara Jawa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 01:22
Last Modified: 29 Jul 2015 01:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item