KONTRIBUSI PENGGUNAAN PAPAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II MIM 02 MERDEN BANJARNEGARA

EVI FEBRIANA, NIM. 11480004 (2015) KONTRIBUSI PENGGUNAAN PAPAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II MIM 02 MERDEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENGGUNAAN PAPAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II MIM 02 MERDEN BANJARNEGARA)
11480004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENGGUNAAN PAPAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II MIM 02 MERDEN BANJARNEGARA)
11480004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

EVI FEBRIANA, “Efektivitas Penggunaan Papan Dakon Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Di Kelas II MIM 02 Merden, Banjarnegara” Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga 2015. Konsep matematika dapat dipahami dengan mudah apabila kendala utama yang menyebabkan siswa sulit memahami dapat dikurangi atau dihilangkan. Siswa memerlukan alat bantu berupa media atau alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga lebih cepat dipahami dan dimengerti oleh siswa. Dengan demikian, dalam mengajarkan matematika perlu adanya benda-benda konkrit yang merupakan model dari ide-ide matematika, yang selanjutnya disebut sebagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang berlangsung di kelas II mulai perencanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon serta hasil yang dilihat selama proses pembelajaran dengan menggunakan papan dakon. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada, sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung pada saat itu., yaitu penelitian menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran peneitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data yang dilakukan seperti metode wawancara, metode observasi partisipatif, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan papan dakon telah sesuai dengan persiapan yang dirancang dalam langkah-langkah pembelajaran, dimana langkalangkah pembelajaran tersebut meliputi penyusunan langkah pembelajaran, penyiapan media papan dakon, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon dan penilaian pembelajaran dengan memberikan soal tes disetiap akhir pertemuan. Sedangkan hasil pembelajaran metaematika dengan menggunakan papan dakon yakni dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil tes yang telah diberikan di setiap akhir pembelajaran. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan papan dakon juga mampu membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Papan Dakon, Pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 29 Jul 2015 04:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16500

Actions (login required)

View Item View Item