ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V KARYA A. SYAEKHUDDIN, HALID AL-KAF DAN JALAL SUYUTI (Ditinjau dari Materi Ajar )

ENDIKA SEPRIANSAH, NIM 08420153 (2015) ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V KARYA A. SYAEKHUDDIN, HALID AL-KAF DAN JALAL SUYUTI (Ditinjau dari Materi Ajar ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V KARYA A. SYAEKHUDDIN, HALID AL-KAF DAN JALAL SUYUTI (Ditinjau dari Materi Ajar ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V KARYA A. SYAEKHUDDIN, HALID AL-KAF DAN JALAL SUYUTI (Ditinjau dari Materi Ajar ))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memenuhi sisi seleksi, gradasi, presentasi dan repitisi. untuk mengetahui kualitas buku tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari teori penyusunan buku Penelitian ini termasuk penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (contentanalysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Buku tersebut juga telah memenuhi Seleksi baik, karena telah memenuhi aspek seleksi, yakni penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan. tingkat kemahiran peserta didik dan lama suatu program pembelajaran bahasa. Buku tersebut juga telah menerapakan sistem gradasi. penyajian materi lebih mendahulukan kaidah- kaidah sederhana dan lebih berguna dari pada kaidah-kaidah yang kompleks dan khilaf. hanya saja tetapi terjadi inkonsisten dalam penyajian. Presentasi baik, karena memenuhi Prosedur diferensial. prosedur ostensif, prosedur piktorial dan prosedur konteks secara umum menggunakan bahasa indonesia sebagai kata pengantar. presentasi materi menggunakan media juga terpenuhi. mulai tabel, fokus materi diberi warna khusus. dan gambar-gambar yang dapat membantu pemahaman.Repitisi kurang baik, karena dari tiga kelompok repitisi yang dominan adalah kosa kata yang mengalami repitisi 4 kebawah sehingga masuk dalam kategori kurang baik. 81. 02 5% kosa kata yang ada dalam buku tersebut adalah kelompok kosa kata yang mengalami repitisi 4 ke bawah. Buku tersebut telah memenuhi kriteria buku teks yang baik dari segi materi, yakni telah sesuai dengan landasan keilmuan menurut Masnur Muslich. meliputi keakuratan materi, cakupan materi dan pendukung materi. sedangkan dalam teori materi yang dikemukakan oleh Ali Al- Qasimy. buku ini hanya sesuai dalam materi dasar sedangkan dalam materi pendukung dan materi khusus tidak memenuhi kriteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Uncontrolled Keywords: Analisis buku, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 10:30
Last Modified: 07 Aug 2015 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum