PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM)

WIWIN KHASANAH, NIM 11240013 (2015) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (934kB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan mengetahui ada dan tidaknya pengaruh persepsi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tentang perbankan syariah terhadap minat menabung di Bank Syariah Mandiri (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Banyak dari mereka mempunyai pandangan atau pendapat bank yang dipilih atau dirasa bagus dalam operasionalnya. Kemudahan untuk bertransaksi itu salah satu pendukung bagi Bank Syariah. Begitu juga pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga khususnya mahasiswa Fakultas FEBI yang merupakan mahasiswa muslim dan mereka yang berperan penting dalam dunia perbankan syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitati. Instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner dengan pernyataan menggunakan selala likret 1-4 dengan bantuan olah data statistik. Total populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 884 di ambil sempel 10% maka sempel berjumlah 88 responden. Hasil pengujian signifikan dengan melakukan pengujian hipotesis yakni signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak ,maka dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang perbankan syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung di BSM. Dengan persentase sumbangan pengaruh variabel persepsi mahasiswa tentang perbankan syariah terhadap minat menabung sebesar 53,1% sedangkan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Maka dari penjelasan diatas penelitian ini menjawab hipotesis awal bahwasannya persepsi mahasiswa tentanag perbankan syariah berpengaruh secara positif dengan melihat uji regresi sederhana dan sigifikan dengan melihat uji t terhadap minat menabung. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan persepsi mahasiswa tentang perbankan syariah memberikan sumbangan 53,1%.. Kata kunci : persepsi mahasiswa, minat menabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Fatimah , M.Pd
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, minat menabung.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Aug 2015 01:17
Last Modified: 14 Aug 2015 01:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item