USULAN PERBAIKAN KUALITAS BAJU BALA (WEARPACK) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI CV. ARDIANS RACING SUIT YOGYAKARTA

KHAIRI ANDIKO, NIM. 08660075 (2015) USULAN PERBAIKAN KUALITAS BAJU BALA (WEARPACK) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI CV. ARDIANS RACING SUIT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (USULAN PERBAIKAN KUALITAS BAJU BALA (WEARPACK) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI CV. ARDIANS RACING SUIT YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (USULAN PERBAIKAN KUALITAS BAJU BALA (WEARPACK) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI CV. ARDIANS RACING SUIT YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV. Ardians Racing Suit yang berlokasi di Jalan Parangtritis Km. 4,5, Yogyakarta. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan yang memproduksi produk-produk sarung tangan, baju balap (wearpack) dari kulit, dan berbagai macam barang yang bergerak di bidang otomotif. Tujuan penelitian ini memberikan usulan kepada perusahaan agar dapat mengurangi tingkat kecacatan pada produk wearpack. CV. Ardians Racing Suit Yogyakarta dalam membuat wearpack tergolong dalam tingkat mampu atau dapat diterima (DPMO = 47,991.07, sigma = 3.16). Empat atribut diidentifikasi sebagai penyebab besarnya DPMO, yaitu ; Ukuran tidak sesuai, sablon meluber, puring tidak sesuai dengan ukuran wearpack, dan ketidaknyamanan. Variabel penyebab DPMO adalah ; Daya susut / serap bahan (kulit) yang tidak merata, Keterampilan penjahit, dan keterampilan penyablon. Usulan perbaikan pada masalah penelitian ini adalah dengan melakukan penyempurnaan flow kerja, yakni menambahkan departmen baru yang bertugas seperti mengoreksi desain wearpack yang akan dibuat apabila mengandung detail diluar kemampuan tenaga kerja dan peralatan yang dimiliki perusahaan, mengoreksi kecocokan desain dengan karakteristik bahan yang ada / digunakan perusahaan, melakukan quality Control sebelum produk wearpack diserahkan ke pelanggan. Kata kunci : Kualitas, Six sigma, DPMO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Yandra Rahadian S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Six sigma, DPMO
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Sep 2015 08:42
Last Modified: 03 Sep 2015 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item