ALTERNATIF PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (STUDI KASUS DI UD. MEBEL JATI)

LUTFI KHAIRUL AHMAD, NIM. 08660090 (2015) ALTERNATIF PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (STUDI KASUS DI UD. MEBEL JATI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ALTERNATIF PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (STUDI KASUS DI UD. MEBEL JATI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ALTERNATIF PEMILIHAN SUPPLIER KAYU JATI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (STUDI KASUS DI UD. MEBEL JATI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan supplier yang baik akan melancarkan proses produksi perusahaan, menghasilkan produk jadi maupun jasa yang berkualitas dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Pemilihan supplier yang salah dapat memperburuk posisi seluruh rantai suplai, keuangan dan operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan supplier yang terbaik. Metode yang digunakan adalah Analytic Network Process (ANP) menggunakan software superdecisions. Pemilihan supplier kayu jati menggunakan 5 alternative dan 5 kriteria dengan 17 subkriteria. Dari hasil perhitungan didapatkan supplier dengan nilai tertinggi adalah supplier bapak Sariman yang berada dikota Kendal dengan nilai sebesar 0,114622 kemudian bapak Basit yang berada dikota Boyolali dengan nilai sebesar 0,088681 setelah itu bapak Sabar yang berada dikota Imogiri dengan nilai sebesar 0,079004. Bapak Sugeng yang berada dikota Pacitan mendapatkan nilai sebesar 0,033513 dan yang terakhir adalah bapak Tikno yang berada dikota Blora dengan nilai sebesar 0,025858. Dari hasil tersebut supplier terbaik adalah pak Sariman yang berada dikota Kendal. Kata Kunci: Supplier, Analytic Network Process (ANP), Software Superdecisions

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Yandra Rahadian P., S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Supplier, Analytic Network Process (ANP), Software Superdecisions
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Sep 2015 07:35
Last Modified: 04 Sep 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item View Item