PERSEPSI SISWA TERHADAP KUALITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

ALFIANI HAMIDAH, NIM. 11140028 (2015) PERSEPSI SISWA TERHADAP KUALITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP KUALITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP KUALITAS PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kualitas perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta, (2) mendeskripsikan minat baca siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini bersifat tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa anggota aktif perpustakaan yaitu siswa kelas X yang berjumlah 412 orang pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dan didapat sebanyak 80 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Adapun untuk pengujian validitas dan relibilitas menggunakan program SPSS 16 for Windows. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 alternatif jawaban, yaitu sangat setuju (SS) skor 4, setuju (S) skor 3, tidak setuju (TS) skor 2, dam sangat tidak setuju (STS) skor 1. Selanjutnya analisis data menggunakan mean dan grand mean. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut pertama, persepsi siswa terhadap kualitas perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta termasuk kategori baik dengan grand mean 2,92. Kedua, minat baca siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta dalam kategori baik dengan grand mean 2,80. Berdasarkan penelitian tersebut maka disarankan perpustakaan untuk lebih memaksimalkan kualitas perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta terutama dalam hal ketersediaan koleksi, fasilitas, dan promosi perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sukirno, SIP., MA
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, kualitas perpustakaan sekolah, minat baca
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 01:16
Last Modified: 15 Oct 2015 01:16
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item