PENGARUH LAYANAN TAMARA (TAMAN MASYARAKAT SAMBUNG RASA) TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA

JAMA'AH MASRURIYAH, NIM 11140055 (2015) PENGARUH LAYANAN TAMARA (TAMAN MASYARAKAT SAMBUNG RASA) TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAYANAN TAMARA (TAMAN MASYARAKAT SAMBUNG RASA) TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAYANAN TAMARA (TAMAN MASYARAKAT SAMBUNG RASA) TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan Tamara, minat kunjung pemustaka dan pengaruh layanan Tamara terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen –Layanan Tamara- dan variabel dependen –Minat Kunjung-. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota dari Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berjumlah 30.480 orang, dan sampelnya ada 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode mengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel penelitian adalah dengan teknik insidental sampling. Untuk uji validitas data menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronchbach. Untuk analisis data menggunakan rumus mean dan grand mean serta regresi linier sederhana yang diolah menggunakan software SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan Tamara di Perpustakaan Kota Yogyakarta tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata (grand mean) sebesar 3,35. Sementara itu minat kunjung pemustaka secara umum dapat dikatakan baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 3,19. Sedangkan untuk pengaruh layanan Tamara terhadap minat kunjung pemustaka dapat diperoleh dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang ditunjukan pada tabel model summary kolom r squere yaitu sebesar 0,384, yang memiliki arti bahwa layanan Tamara berpengaruh terhadap minat kunjung pemustaka sebesar 38,4 % dan 61,6 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Rekomendasi: pertama, Layanan Tamara lebih ditingkatkan lagi terutama dalam hal penyediaan tempat, sehingga akan lebih banyak pemustaka yang dapat menikmati layanan tersebut. Kedua, Perpustakaan sebaiknya meningkatkan kualitas dari semua layanan sehingga bisa semakin menarik minat pemustaka untuk datang ke perpustakaan., ketiga, Perpustakaan sebaiknya memaksimalkan layanan tamara yang ada untuk semakin menarik minat pemustaka untuk datang ke Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Layanan Tamara, Minat Kunjung
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:46
Last Modified: 23 Oct 2015 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum