PEMBERDAYAAN KAMPUS FIKSI TERHADAP ANAK MUDA DI BIDANG MENULIS

SYAIFUL BAHRI, NIM. 11230063 (2015) PEMBERDAYAAN KAMPUS FIKSI TERHADAP ANAK MUDA DI BIDANG MENULIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN KAMPUS FIKSI TERHADAP ANAK MUDA DI BIDANG MENULIS)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN KAMPUS FIKSI TERHADAP ANAK MUDA DI BIDANG MENULIS)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian; Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjadikan seseorang atau kelompok bisa berdaya, salah satunya ialah dengan mengadakan pelatihan menulis terhadap anak muda yang di lakukan oleh Kampus Fiksi. Dengan adanya pelatihan menulis di Kampus Fiksi banyak anak muda yang berhasil menjadi penulis dan melahirkan karya berupa novel. Kampus Fiksi melakukan gebrakan dengan melakukan pemberdayaan bagi anak muda dengan melatih mereka untuk bisa menulis dan menghasilkan uang dengan menulis. Fokus penelitian ini yaitu Bagaimana metode dan strategi yang diterapkan Kampus Fiksi dalam melakukan pemberdayaan bagi anak muda; dan Bagaimana hasil pemberdayaan yang dilakukan oleh Kampus Fiksi terhadap anak muda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bentuk-bentuk kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Kampus Fiksi terhadap anak muda untuk bisa menulis dan juga bisa memenuhi kebutuhan finansial mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang sumber datanya ialah pihak dari Kampus Fiksi yang terdiri dari Rektor, penasehat, mentor, panitia, staf, dan para peserta dan alumni Kampus Fiksi. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Kampus Fiksi terhadap anak muda bidang menulis diterapkan dalam metode dan strategi. Metode yang digunakan di dalam pemberdayaan adalah ceramah, diskusi, dan penugasan (membuat karya). Ceramah dilakukan sebagai sarana transformasi materi dari pembicara kepada peserta, forum diskusi digunakan sebagai waktu tanya-jawab dan membicarakan materi, penugasan sebagai tindak lanjut, dan aktualisasi teori yang telah disampaikan mengenai dunia kepenulisan. Sedangkan, Strategi yang diterapkan di Kampus Fiksi dalam memberdayakan anak muda ada tiga langkah. Pertama, peningkatan motivasi sebagai dasar utama pengembangan potensi kepenulisan di Kampus Fiksi. Kedua, pengenalan mengenai teori-teori atau tips-tips dalam membuat cerita pendek (cerpen). Ketiga, praktik menulis cerpen dan aktualisasi karya. Keberhasilan Kampus Fiksi dalam melakukan pemberdayaan terhadap anak muda ialah dengan meningkatkan ilmu pengetahuan lebih luas tentang dunia kepenulisan. Selain itu juga dapat meningkatkan minat membaca buku-buku, baik buku pengetahuan maupun novel, serta dapat menunjang kebutuhan finansial para peserta Kampus Fiksi yang telah berhasil menjadi penulis dan melahirkan karya. Kata Kunci: Pemberdayaan Kampus Fiksi, di Bidang Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Syamsiyatun, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Kampus Fiksi, di Bidang Menulis
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Nov 2015 15:10
Last Modified: 04 Nov 2015 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum