IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA

DAMAIYANTI ARVIANA, NIM. 11240028 (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA ORGANISASI DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan suatu nilai, sistem makna yang dianut anggota organisasi kemudian nilai-nilai dalam organisasi dimaknai oleh anggota seabagai dasar dan suatu kebiasaan berperilaku dalam organisasi. BBPPKS merupakan lembaga diklat yang bertugas melaksanakan pendidikan pelatihan tenaga kesejahteraan sosial pemerintah dan tenaga kesejahteraan masyarakat yang di dalamnya menerapkan budaya organisasi yang menjadi kebiasaan bagi pegawai dengan menerapkan nilai-nilai Islam. Dalam penelitian ini, peneliti mengetahui implementasi nilai-nilai Islam dalam budaya di BBPPKS. Penelitian ini didasarkan pada teori budaya organisasi Edgar Schein dan nilai-nilai Islam Riawan Amin. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi, serta observasi. Sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai-nilai Islam yang ada pada budaya organisasi di BBPPKS diterapkan dengan cukup baik. Aspek nilainilai Islam yang diterapkan pegawai yaitu zero based, iman, konsisten dan orientasi hasil diwujudkan dalam perilaku pegawai BBPPKS Yogyakarta. Nilainilai Islam di BBPPKS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pegawai sehingga nilai-nilai Islam melekat pada pegawai dan tingkat religius pegawai meningkat. Kata Kunci: Nilai-nilai Islam, Budaya organisasi, BBPPKS Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Islam, Budaya organisasi, BBPPKS Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2015 08:24
Last Modified: 29 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum