IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATERI POKOK MACAM GERAK PADA TUMBUHAN (STUDI KASUS DI MTSN YOGYAKARTA 1)

ALMAIDAH, NIM. 00450266 (2007) IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATERI POKOK MACAM GERAK PADA TUMBUHAN (STUDI KASUS DI MTSN YOGYAKARTA 1). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI P ADA MA TERI POKOK MACAM GERAK P ADA TUMBUHAN (STUDI KASUS DI MTS N Y OGYAKARTA 1))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI P ADA MA TERI POKOK MACAM GERAK P ADA TUMBUHAN (STUDI KASUS DI MTS N Y OGYAKARTA 1))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran biologi kurikulum berbasis kompetensi pada materi pokok " Macam Gerak pada Tumbuhan" di MTsN 1 Yogyakarta ditinjau dari siswa, guru dan sumber daya pendukung yang tersedia. Desain penelitian ini merupakan penelitian survey dengan populasi penelitian seluruh kelas VIII (A, B, C, D dan E) dan guru biologi kelas VIII di MTsN 1 Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan survey kepada semua populasi . Data dikumpulkan melalui lembar observasi, interview minat dan sikap siswa yang diberikan kepada siswa dan pedoman wawancara kepada guru serta pencermatan dokumen. Instrumen divalidasi dengan validitas muka (Face validity). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil p enelitian menunjukkan ; Tingkat keterlaksanaan kurikulum berbasis kompetensi pada materi pokok "Ma~;arn Gerak pada Tumbuhan" terlaksana dengan kategori kurang terlaksana dengan baik di MTsN Y ogyakarta 1. Faktor pendukung keterlaksanaan kurikulum berbasis kompetensi di MTsN Yogyakarta 1 adalah (1) Latar belakang pendidikan guru, (2) sikap siswa sangat baik terhadap mata pelajaran, (3) semangat siswa cukup tinggi dalam belajar Biologi, (4) Alat bantu pembelajaran berupa media elektronik, (5) Lingkungan luar sekolah sebagai sumber belajar. Sedangkan faktor penghambat keterlaksanaan kurikulum berbasis kompetensi di MTsN Y ogyakarta 1 adalah (1) Ketidakmampuan guru menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang dikembangkan dalam KBK kedalam PBM (2) Ketidakmampuan guru merancang desain pembelajaran (3) ketidakmampuan guru merencanakan dan melaksanakan penilaian (4) Ketidnkiernnmm cl~Jlam hclajar Biologi (5)Kunmgnya alat bantu pembelajaran (6) ketidaksesuaian penggunaan waktu antara RP dan PBM (7) Kurangnya p~ngalukasia.It waktu p~mbelajaran praktck (8) Tidak udunyu pengalokasian waktu untuk program remedi dan pengayaan Vlll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Nur Rohmah, SPd,M.A.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:16
Last Modified: 29 Mar 2017 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item