PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

IMAYYAH, NIM. 02451398 (2007) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan motivasi belajar IP A Biologi melalui strategi Jigsaw pada siswa kelas VIII B MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Dan, (2) Meningkatkan prestasi belajar IP A Biologi melalui Strategi Jigsaw pada siswa kelas VIII B MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta oleh siswa kelas VIII B semester II Tahun Ajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 43 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub pokok bahasan alat-alat ekskresi pada manusia dan siklus II sub pokok bahasan kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi manusia. Data peningkatan motivasi siswa diperoleh dari hasil isian angket Ska.la Guttman yang diisi oleh siswa di setiap ahir siklus. Data peningkatan prestasi siswa diperoleh dari hasil soal pretes dan postes. Data keaktifan siswa saat diskusi kelas diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Data peningkatan motivasi siswa dianalisis dengan teknik persentase lalu di bandingkan antara siklus I dan II. Data peningkatan prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari Gain score (keuntungan). Perbedaan yang signifikan adalah apabila nilai postes II lebih besar dari nilai postes I. Data keaktifan siswa dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan motivasi belajar IPA Biologi pada tiap aspek motivasi pada siswa kelas VIII-8 MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Jigsaw. Untuk aspek rasa senang peningkatannya sebesar 12,5%, aspek perhatian sebesar 9,17%, aspek rasa tertarik sebesar 12,48%, aspek rasa ingin tahu sebesar 15%, dan aspek antusiasme/k:emauan sebesar 11%. (2) Terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan 2 siklus dalam proses pembelajaran IPA Biologi yang dilakukan oleh siswa kelas VIII-B MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Diperoleh Gain score dari nilai postes siklus II dikurangi nilai postes siklus I sebesar 0,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Motivasi, Prestasi, Strategi, dan Jigsaw.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:52
Last Modified: 04 Nov 2015 04:52
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item