PERANAN ILMU KIMIA DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN SIKAP MORAL SAINS SISWA KELAS XI MADRASAH ALLYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA

AGUS RIYANTO, NIM. 02441249 (2007) PERANAN ILMU KIMIA DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN SIKAP MORAL SAINS SISWA KELAS XI MADRASAH ALLYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN LLMU KIMIA DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN SIKAP MORAL SAINS SISWA KELAS XI MADRASAH ALLYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERANAN LLMU KIMIA DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN SIKAP MORAL SAINS SISWA KELAS XI MADRASAH ALLYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan keterampilan psikomotorik dan sikap moral sains, serta menganalisis tentang peranan ilmu kimia dalam menumbuhkan keterampilan psikomotorik dan sikap moral sains siswa Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta serta matcri apa yang dikaji didalamnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan sumbangan untuk kimia dalam mendidik siswa agar mencapai kematangan psikomotorik dan afektif sains kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan diperkuat dengan penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Khusus data melalui angket cara pengolahannya dijadikan dalarn bcntuk prosentase. Kemudian memberikan makna untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, keterampilan psikomotorik siswa terlihat sedang-sangat tinggi. Parameter keterampilan psikomotorik siswa sesuai dengan materi yang telah diterima siswa yaitu (1) kecakapan menggunakan alatalat praktikum, (2) keterampilan menginterpretasikan table SPU, (3) keterampilan mengerjakan soal hitungan,. Ke dua sikap moral sains siswa terlihat sedangtinggi. Parameter sikap moral sains siswa sesuai dengan materi yang telah diterima siswa, meliputi ( 1) kepedulian terhadap pencemaran kimia, (2) menyingkapi efek positif-negatif kemajuan kimia, (3) penghematan SDA yang tidak: dapat diperbaharui. Ke tiga, ilmu kimia mempunyai peranan yang sedang/cukup dalam menumbuhk:an keterampilan psikomotorik dan sikap moral sains. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran kimia masih mendominasikan penguatan kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: llmu Kimia, Keterampilan.Psikomotorik, Sikap Moral Sains
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:11
Last Modified: 18 Nov 2015 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum