HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES TAMBAHAN DI KELAS VII AKSELERASI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

HENY RAHMAWATI, NIM. 08680047 (2015) HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES TAMBAHAN DI KELAS VII AKSELERASI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES TAMBAHAN DI KELAS VII AKSELERASI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES TAMBAHAN DI KELAS VII AKSELERASI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti les tambahan di luar sekolah dengan siswa yang hanya mengikuti les di sekolah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus 2015 dengan melihat studi kasus di SMP 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, focus group discussion, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan uji-t serta pendekatan kualitatif model interaktif sebagaimana dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari 3 hal utama yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kredibilitas data dicek dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPA biologi yang signifikan antara siswa CI.1 yang mengikuti les tambahan di luar sekolah yaitu 83,65 dengan siswa yang tidak mengikuti les tambahan di luar sekolah yaitu 83,92. Faktor-faktor yang dideteksi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA biologi siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah antara lain : a) Faktor internal meliputi motivasi dan kelelahan. b) Faktor eksternal yang berpengaruh dominan adalah lingkungan keluarga (pola asuh dan keharmonisan keluarga), fasilitas belajar di rumah maupun di sekolah, suasana belajar, dan metode pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Les Tambahan, Akselerasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistiyowati,S.Si., MA.MIWM
Uncontrolled Keywords: asil Belajar IPA, Les Tambahan, Akselerasi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum