HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA PESERTA PELATIHAN DAN MAGANG WIRAUSAHA

RAHMATTAVIRA WANUDYA ANANPURHANDITA, NIM: 10710049 (2015) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA PESERTA PELATIHAN DAN MAGANG WIRAUSAHA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA PESERTA PELATIHAN DAN MAGANG WIRAUSAHA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA PESERTA PELATIHAN DAN MAGANG WIRAUSAHA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan orientasi masa depan pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 62 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta peserta pelatihan dan magang wirausaha yang terdiri dari 31 mahasiswa dan 31 mahasiswi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala orientasi masa depan yang dibuat oleh peneliti sendiri berdasarkan teori Nurmi (1991), dan skala kepercayaan diri yang juga dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori dari Lauster (2006). Skala diujicobakan pada 32 mahasiswa. Skala orientasi masa depan terdiri dari 24 aitem (rix= 0,946) dan skala kepercayaan diri terdiri dari 30 aitem (rix= 0,961). Data kemudian diolah menggunakan korelasi PearsonProduct Moment dan uji beda Independent Sample t-Test. Hasil uji korelasi menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = 0,689 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan orientasi masa depan. Sedangkan hasil dari uji beda orientasi masa depan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan menunjukkan indeks perbedaan sebesar -0,744 dengan taraf signifikansi p = 0,460 (p > 0,05). Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan orientasi masa depan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Begitu pula tidak ada perbedaan kepercayaan diri antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Hasil uji perbedaan kepercayaan diri antara mahasiswa laki-laki dan perempuan menunjukkan indeks perbedaan sebesar 0,185 dengan taraf signifikansi p = 0,853 (p > 0,05). Kata kunci: Orientasi Masa Depan, Kepercayaan Diri, Wirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Benny Herlena, M. Si
Uncontrolled Keywords: Orientasi Masa Depan, Kepercayaan Diri, Wirausaha
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Dec 2015 01:16
Last Modified: 22 Dec 2015 01:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item