KONTRIBUSI ABU AL-RAYHAN MUHAMMAD IBN AHMAD AL-BIRUNI (AL-BIRUNI) DALAM TRIGONOMETRI ( Studi tentang Sejarah perkembangan ilmuwan Muslimpada Periode Islam Klasik)

ERNI SETYANINGSIH, NIM. 02430976 (2007) KONTRIBUSI ABU AL-RAYHAN MUHAMMAD IBN AHMAD AL-BIRUNI (AL-BIRUNI) DALAM TRIGONOMETRI ( Studi tentang Sejarah perkembangan ilmuwan Muslimpada Periode Islam Klasik). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI ABU AL-RAYHAN MUHAMMAD IBN AHMAD AL-BIRUNI (AL-BIRUNI) DALAM TRIGONOMETRI ( Studi tentang Sejarah perkembangan ilmuwan Muslimpada Periode Islam Klasik))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI ABU AL-RAYHAN MUHAMMAD IBN AHMAD AL-BIRUNI (AL-BIRUNI) DALAM TRIGONOMETRI ( Studi tentang Sejarah perkembangan ilmuwan Muslimpada Periode Islam Klasik))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only until 31 March 2007.

Download (92MB)

Abstract

ABSTRAK Sejarah Islam, Pengetahuan dan agama dirajut bersama dalam satu ikatan. Islam ditempatkan pada posisi yang sangat tinggi diatas intelegensi dan logika, meskipun tentu saja realitas transedetal tidak dikurangi oleh kategori logis. Matematika menjadi kegemaran 1Jtama bagi kaum muslim karena bidang itu menggabungkan kesatuan karakter abstrak dari pemikiran Islam. Salah satu sebab kemajuan peradaban Islam periode Klasik adalah berkembangnya ilmu pengetahuan pada saat itu. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak lepas dari peran para ilmuwan muslim periode k!asik. Salah satu ilmuwan muslim periode klasik adalah Al-Biruni. Al-Biruni adalah salah satu tokoh universal yang menguasai berbagai bidang ilmu sekaligus. Di bidang matematika Al-Biruni mempunyai kontribusi yang besar pada trigonometri. Penelitian iui menggunakan pendekatan sejarah terutama sejarah sosial dan intelektual. Untuk dapat mendeskripsikan hasil penelitian, diperlukan metode dokumentasi berupa karya atau referensi yang berkaitan dengan Al-Biruni. Setelah datu tcrkumpul dilak.uk ail anal isis data secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kontribusi Al Biruni dalam bidang trigonometri yang pertama adalah perumusan segitiga bidang a/Sin a = b/Sin b = c/Sin c, kedua adalah pembuktian teorema Chord yang pada saat ini lebih dikenal dcngan istilah tali busur dan sudut keliling dalam lingkaran dan ketiga adalah metode penentuan arah kiblat oleh Al-Biruni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KONTRIBUSI ABU AL-RAYHAN MUHAMMAD IBN AHMAD AL-BIRUNI (AL-BIRUNI) DALAM TRIGONOMETRI
Subjects: Tadris
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2016 03:27
Last Modified: 10 Oct 2016 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item