PESAN DAKWAH PADA FAN PAGE ASMA NADIA (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH BULAN RAMADHAN 1436 H / 2015 M)

KHAIRUN MUTHMAINNAH, NIM. 11210102 (2016) PESAN DAKWAH PADA FAN PAGE ASMA NADIA (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH BULAN RAMADHAN 1436 H / 2015 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN DAKWAH PADA FAN PAGE ASMA NADIA (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH BULAN RAMADHAN 1436 H / 2015 M))
11210102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PESAN DAKWAH PADA FAN PAGE ASMA NADIA (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH BULAN RAMADHAN 1436 H / 2015 M))
11210102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Khairun Muthmainnah, 11210102, 2015. Skripsi: Analisis Isi PesanDakwahDalamFan Page Asma Nadia (Analisis Isi Pesan Dakwah Bulan Ramadhan 1436 H / 2015 M).Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi canggih, sehingga masyarakat banyak menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dan bertukar pikiran. Dengan adanya media sosial, jarak tak lagi jadi masalah untuk melakukan komunikasi. Selain itu, media sosial terbilang alat komunikasi yang lebih luas, ekonomis, efesien dan efektif dalam meyampaikan informasi, pengetahuan, kabar, berita bahkan untuk menyampaikan pesan dakwah. Dengan segala kemudahan yang diberikan media sosial, salah satunya adalah fan page facebook, banyak da’i yang menggunakannya sebagai media untuk berdakwah. Tidak hanya itu, bahkan orang biasa sekalipun bisa menyampaikan pesan dakwahnya melalui facebook sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya. Salah satu tokoh yang menggunakan fan page facebook sebagai media dakwah adalah Asma Nadia, yaitu seorang penulis buku terkenal yangkaryanyatelah banyak di film kan seperti Emak Ingin Naik Haji, Surga Yang Tak Dirindukan dan lainnya. Pada skripsi ini, penulis bertujuan untuk mengetahui kandungan pesan dakwahyang terdapat dalam fan page Asma Nadia selama bulan Ramadhan. Sehingga dapat diketahui pesan dakwah apa yang sering muncul dan sifat penyampaian pesan dakwah seperti apa yang dominan digunakan pada fan page Asma Nadia selama bulan Ramadhan. Penelitian ini menggunakan analisis isi yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase yang dihitung melalui Microsoft Exel. Data yang diteliti berupa 70posting update pada fan page Asma Nadia yang diambil selama bulan Ramadhan 1436 H / 2015 M. Analisis yang dilakukan berdasarkan pembagian materi dakwah menurut Endang Saifudin Anshari, yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak serta sifat penyampaian pesan menurut Hafied Cangara dalam bukunya perencanaan dan strategi komunikasi, yaitu sifat pesan informatif, persuasif dan mendidik. Hasil penelitian menunjukkan pesan dakwah yang dominan adalah pada pesan akhlak dengan persentase 54,2% atau lebih dari setengahnya, kemudian pesan syariah 34,7% atau kurang dari setengahnya dan pesan aqidah 11,1% atau sebagian kecil. Sedangkan untuk sifat penyampaian pesan dakwah yang paling dominan adalah pada pesan bersifat persuasif sebanyak 35 posting atau 50% (setengahnya), kemudian informatif sebanyak 28 posting atau 40% (kurang dari setengahnya), dan pesan bersifat mendidik sebanyak 7 posting atau 10% (sebagian kecil).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Rifai M.Phil.
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Fan Page, Asma Nadia
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Feb 2016 08:42
Last Modified: 17 Feb 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum