EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MA’ARIF BEGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SETYAWATI DEWI, NIM. 11480012 (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MA’ARIF BEGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MA’ARIF BEGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MA’ARIF BEGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektifitas antara pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran ekspositori terhadap ketrampilan problem solving siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas III MI Ma’arif Bego. Penelitian ini termasuk penelitian campuran (mixed methods) Dalam penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekunsial bertahap (sequential mixed methods) terutama strategi eksploratoris sekunsial. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential explaratory, yaitu mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif kemudian mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B MI Ma’arif Bego, yang berjumlah 57 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini untuk mengambil suatu kesimpulan dan membuktikan kebenaran digunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara kuantitatif terlihat bahwa kemampuan kedua kelas sebelum mendapatkan treatment adalah relatif sama. Diperoleh hasil rata-rata pretest adalah kelas eksperimen 49,82 dan kelas kontrol 48,83. Sedangkan setelah mendapatkan treatment kelas PBM lebih unggul di bandingkan kelas Ekspositori dilihat dari hasil belajar siswa, yaitu diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 84,31 dan kelas kontrol 79,16. Dan secara kualitatif telah menjawab hipotesis yang diajukan yaitu bahwa “pembelajaran berbasis masalah lebih efektif di bandingkan dengan metode ekspositori jika ditinjau dari keterampilan problem solving siswa”. Dibuktikan dengan analisis data kualitatif dengan triangulasi data observasi, wawancara, dan dokumentasi menyatakan bahwa kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Keterampilan Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Keterampilan Problem Solving
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:21
Last Modified: 22 Feb 2016 06:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item