PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SITI AFRILIA FATMAWATI, NIM. 11481004 (2015) PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya kesulitan para guru dalam pelaksanaan authentic assesment pada pembelajaran tematik. Kemendikbud juga melihat bagaimana kesiapan para guru, narasumber maupun instruktur nasional di dalam pelatihan kurikulum baru. Dalam pelatihan tersebut guru paling susah membuat authentic assesment. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana guru dalam menghadapi perkembangan kurikulum dan perkembangan cara penilaian yang dilakukan guru kepada siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan authentic assesment kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Watubelah, Banjarnegara. Pegumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan authentic assesment sudah baik, hal ini dapat dideskripsikan dari tiga tahap, yaitu pelaksanaan dalam perencanaan, dapat dilihat dari saat guru menjabarkan kompetensi dasar ke dalam indikator pencapaian, menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator serta pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, aspek penilaian dan teknik penilaian. Pelaksanaan dalam pelaksanaan dapat di lihat dari kesiapan secara pedagogik dan kesiapan profesional. Kemudian untuk kesiapan evaluasi dapat di lihat dari cara guru menganalisis data yang di kumpulkan dan mengembangkan instrumen penilaian. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan authentic assesment dari tahap perencanaan diantaranya: perencanaan yang banyak dan rumit serta menyusun rubrik penilaian. Faktor pendukungnya adalah sebagian perencanaan sudah ada dari pemerintah. Kemudian pada tahap pelaksanaan faktor penghambatnya meliputi: banyaknya komponen yang harus di perhatikan guru secara bersamaan dalam pelaksanaan penilaian, penilaian sikap yang harus memperhatikan secara detail dengan jumlah siswa yang banyak, mengembangkan tema dan contoh kurang sesuai dengan kondisi lingkungan belajar siswa serta membuat penilaian langsung saat pembelajaran. Selanjutnya pada tahap evaluasi faktor penghambatnya antara lain: waktu yang kurang maksimal dan pada saat guru menganalisis nilai. Kata Kunci : authentic assesment, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: authentic assesment, pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:30
Last Modified: 22 Feb 2016 07:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item