LITERASI INFORMASI AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI KOORDINATOR KOMISARIAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2014/2015

AYU RIZKI PUSPITA PERTIWI, NIM. 12140057 (2016) LITERASI INFORMASI AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI KOORDINATOR KOMISARIAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LITERASI INFORMASI AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI KOORDINATOR KOMISARIAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2014/2015)
12140057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LITERASI INFORMASI AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI KOORDINATOR KOMISARIAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2014/2015)
12140057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi informasi yang dimiliki oleh aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Koordinator Komisariat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2014/2015 dengan menggunakan standar Association of College and Research Libraries. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat literasi informasi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Koordinator Komisariat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2014/2015 adalah 35.9% termasuk dalam kategori rendah dengan uraiannya sebagai berikut: Kemampuan menentukan jenis dan batasan informasi yang diperlukan dikategorikan rendah karena hanya mencapai nilai 34.7%. Kemampuan mengakses informasi yang dibutuhkan dengan efektif dan efisien dikategorikan rendah karena mencapai nilai 40%. Kemampuan mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis dikategorikan rendah karena hanya mencapai nilai 35.7%. Kemampuan literasi informasi dalam hal menggunakan Informasi dengan efektif untuk mencapai tujuan tertentu dikategorikan rendah karena hanya mencapai nilai 32.4%. Kemampuan memahami isu ekonomi, hukum, dan sosial seputar penggunaan akses informasi secara etis dan legal dikategorikan rendah karena hanya mencapai nilai 36.7%. Perbandingan literasi informasi yaitu: Komisariat Fakultas Adab 64.6%, Komisariat Fakultas Dakwah 18.7%, Komisariat Fakultas Tarbiyah 25.6%, Komisariat Fakultas Syariah 37.8%, Komisariat Fakultas Ushuldhin 32.8%. Dari penjabaran kemampuan yang dimiliki oleh aktivis yang dinyatakan masih kurang maka diperlukan kemampuan literasi informasi yang mampu meningkatkan kemampuan literasi informasi seperti: menentukan jenis dan batasan, mengakses, mengevaluasi, menggunakan Informasi dengan efektif dan penggunaan akses. Kata kunci : Literasi Informasi, Himpunan Mahasiswa Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., S.IP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Himpunan Mahasiswa Islam
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:50
Last Modified: 05 Apr 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum