PENGARUH INFORMASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SIKAP SISWA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NAPZ (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK TUNAS BANGSA WANAREJA CILACAP)

SUBEKTI NOVIANTO, NIM. 10220027 (2016) PENGARUH INFORMASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SIKAP SISWA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NAPZ (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK TUNAS BANGSA WANAREJA CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INFORMASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SIKAP SISWA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NAPZ (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK TUNAS BANGSA WANAREJA CILACAP))
10220027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INFORMASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SIKAP SISWA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NAPZ (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK TUNAS BANGSA WANAREJA CILACAP))
10220027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengukuran pengaruh yang ditimbulkan dari informasi bahaya penyalahgunaan napza pada sikap siswa terhadap penyalahgunaan napza, adapun tujuan tujuan yang hendak dicapai adalah adanya pengaruh informasi bahaya penyalahgunaan napza pada sikap negatif siswa terhadap penyalahgunaan napza. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi tanpa menggunakan kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design, yaitu desain penelitian dengan mengadakan pretest dan posttest setelah perlakuan pada satu kelas eksperimen.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah informasi bahaya penyalahgunaan napza, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap siswa terhadap penyalahguanaan napza. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, subjek dalam penelitian ini memiliki criteriasesuai kebutuhan penelitian ini, yaitu subjek yang memiliki sikap yang rendah terhadap penyalahgunaan napza. Alat pengumpul data pada penelitian ini menggunakan skala sikap, pernyataan sikap terdiri dari dua macam yaitu pernyataan berupa favorable dan unfavorable. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test atau uji sampel berpasangan. Analisis data dengan menggunakan metode ini digunakan untuk melakukan uji beda sebelum dan setelah perlakuan. Berdasarkan analisa data dengan metode paired samples t-test, diperoleh nilai mean 74.90 untuk pretest dan 96.00 untuk posttest. Peningkatan nilai mean tersebut menunjukkan adanya pengaruh antara informasi bahaya penyalahgunaan napza pada sikap siswa terhadap penyalahgunaan napza di SMK Tunas Bangsa Wanareja. Selain itu juga diperoleh signifikansi sebesar 0.000 (p< 0.001) dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara informasi bahaya penyalahgunaan napza pada sikap siswa terhadap penyalahgunaan napza di SMKTunas Bangsa Wanareja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurjanah M.Si.
Uncontrolled Keywords: Informasi Bahaya Penyalahgunaan Napza, Sikap Siswa terhadap penyalahgunaan napza.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 13:51
Last Modified: 25 Apr 2016 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum