EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN

BINTI KHASANAH, NIM. 11680032 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN)
11680032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN)
11680032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas: 1) Model pembelajaran Accelerated Learning Included By Discovery (ALID) terhadap minat belajar siswa pada materi pokok gerak pada tumbuhan, 2) Model pembelajaran Accelerated Learning Included By Discovery (ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak pada tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Diambil kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara random. Pengumpulan data menggunakan data test dan angket minat. Analisis data menggunakan uji Independent sampel T-test untuk hasil belajar, dan uji Mann Whitney U test untuk minat belajar. Hasil analisi data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran ALID tidak efektif terhadap minat belajar IPA Biologi siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik uji Mann Whitney U test dengan p-value sebesar 0,074 (> 0,05). 2) Model pembelajaran ALID efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa, dengan pengujian hasil post-test memperoleh hasil t-hitung sebesar 6,800 (> 1,69) dengan p-value (sig) sebesar 0,000 (< 0,05). Kata Kunci: Accelerated Learning Included By Discovery (ALID), Minat dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning Included By Discovery (ALID), Minat dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:43
Last Modified: 03 Jun 2016 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum