UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V MIN WONOSARI DENGAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING

HAMAM FITRIANA, NIM . 11480069 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V MIN WONOSARI DENGAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V MIN WONOSARI DENGAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING)
11480069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V MIN WONOSARI DENGAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING)
11480069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V A MIN Wonosari dengan menggunakan strategi project based learning. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA kelas V A MIN Wonosari. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru dan dalam pelaksanaan pembelajaran lebih menitiberatkan ranah kognitif sehingga ranah afektif dan psikomotorik belum tersentuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN Wonosari yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yaitu: (1) Hasil belajar ranah kognitif minimal 75% siswa mencapai KKM 75, (2) Hasil belajar ranah afektif minimal 75% siswa mempu mencapai skor >7,75, (3) Hasil belajar ranah psikomotorik minimal 75% siswa mampu mencapai skor >7,75. Hasil pengamatan pembelajaran dengan strategi project based learning pada siklus I menunjukan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 88,17 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan sebesar 76,47% atau 13 siswa tuntas, pada ranah afektif nilai rata-rata 7,76 dengan kriteria “cukup” dan ketuntasan sebesar 76,47% atau 13 siswa tuntas, pada ranah psikomotorik nilai rata-rata sebesar 7,15 dengan kriteria “kurang” dan ketuntasan sebesar 41,18% atau 7 siswa tuntas. Hasil penelitian siklus II menunjukan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 81,17 dengan kriteria “baik” dengan ketuntasan sebesar 88,24% atau 15 siswa tuntas, pada ranah afektif nilai rata-rata 8,29 dengan kriteria “cukup” dan ketuntasan sebesar 88,24% atau 15 siswa tuntas, dan pada ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata 8,84 dengan kriteria “Baik” dengan ketuntasan sebesar 82,36% atau 14 siswa tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: FITRI YULIAWATI, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: : Hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik, Pembelajaran IPA, Strategi project based learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 May 2016 03:00
Last Modified: 25 May 2016 03:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20818

Actions (login required)

View Item View Item