SYAIKH AS SAYID AFIFUDDIN BIN KHANIF AL-HASANI : STUDI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN 1992-2014 M

Bagus Aji Prambudi, NIM. 12120046 (2016) SYAIKH AS SAYID AFIFUDDIN BIN KHANIF AL-HASANI : STUDI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN 1992-2014 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SYAIKH AS SAYID AFIFUDDIN BIN KHANIF AL-HASANI : STUDI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN 1992-2014 M)
12120046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (SYAIKH AS SAYID AFIFUDDIN BIN KHANIF AL-HASANI : STUDI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN 1992-2014 M)
12120046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Pondok Pesantren al-Kahfi Somalangu adalah salah satu pesantren yang mengalami dinamika pasang surut. Pesantren ini mengalami masa kefakuman selama 42 tahun pada 1950-1991. Pada masa itu pesantren mengalami kemandekan estafet kepemimpinan, bahkan karena keadaaan politik yang tidak menguntungkan membuat pesantren tersebut sempat rata dengan tanah akibat dibakar oleh Batalion Kuda Putih APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat), karena Pengasuh Pondok Pesantren al-Kahfi Somalangu saat itu (Syaikh Mahfudz) dianggap sebagai pemberontak oleh pemerintah kabinet Hatta. Syaikh As Sayid Afifuddin bin Khanif al Hasani sebagai penerus kepemimpinan pondok generasi ke-16 mampu mengatasi masa krisis internal pondok. Dalam dua dekade kepemimpinan Sayid Afifuddin Pondok Pesantren al-Kahfi Somalangu mengalami perkembangan cukup pesat. Pada masa kepemimpnannya, beliau banyak melakukan pengembangan dalam bidang pendidikan, sarana prasarana, dan kelembagaan. Dalam bidang pendidikan didirikan Sekolah Umum dan dikombinasikan sistem Salaf dan Modern dalam sistem belajar di Pondok Pesantren al Kahfi Somalangu Kebumen agar pendidkan umum dan keagamaan bisa seimbang yang kemudian banyak diminati oleh masyakarat. Dalam bidang sarana prasarana dibangun aula, Perpustakaan, koperasi dan lain-lain. Dalam bidang kelembagaan dibentuk yayasan untuk menaungi pondok pesantren dan lembaga pendidikan umum. Pembangunanpembangunan tersebut sangat mendukung perkembangan Pondok Pesantren al Kahfi Somalangu Kebumen. Untuk menulis persoalan tersebut penulis menggunakan pendekatan behavioral, dari pendekatan tersebut diharapkan dapat dikaji secara mendalam kepribadian tokoh serta bagaimana tokoh tersebut menginterpretasikan totalitas situasi yang dihadapi untuk menciptakan kebijakan-kebijakan baru dalam membangun kembali pondok pesantren. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan teori kepemimpinan transformasional. Teori tersebut digunakan untuk mengkaji kepemimpinan yang dimiliki Gus Afif sebagai tokoh agama yang mampu melakukan transformasi pondok pesantren kepada sistem pengelolaan yang lebih efektif. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, yaitu rekonstruksi masa lampau melalui proses menguji dan menganalisis secara kritis kejadian masa lalu berdasarkan data yang ada. Beberapa tahapan untuk melakukan penelitian ini yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Kata Kunci: Kepemimpinan, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Maryam, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pondok Pesantren.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:10
Last Modified: 17 Oct 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum