STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

LISTIYANA YULIYANTI, NIM . 09480123 (2016) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
09480123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
09480123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran IPS adalah salah satu pelajaran yang lebih banyak menguraikan suatu topik dengan menghadirkan data-data, seringkali dalam proses pembelajaran guru hanya menyampaikan langsung dengan metode ceramah. Hal ini menimbulkan masalah dalam prestasi belajar siswa dan dapat menimbulkan rasa bosan terhadap pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dengan teknik Numbered Heads terhadap hasil belajar IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen,pada penelitian ini sample penelitian sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda tentang materi suku bangsa dan budaya. Kesahihan dan kepercayaan instrumen ini diperoleh melalui korelasi biserial, reliabilitas rumus K-R 20 daya pembeda dan indeks kesukaran. Penelitian yang dilakukan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Tahun Ajaran 2015/2016 menunjukan bahwa, hasil pretest kelas eksperimen yaitu 57,75, kelas kontrol yaitu 65,00, dan untuk hasil post-test kelas eksperimen yaitu 85,28, kelas kontrol yaitu 77,00, hasil analisis menunjukan bahwa nilai t hitung 2,690 >dan t tabel dan nilai sig 0,033 < 0,05. Artinya ada perbedaan yang siknifikan antara hasil post-test kelas eksperiman dengan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan siknifikan dari hasil post-test tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teknik Make a Match lebih efektif dan berpengaruh positif dibandingkan dengan teknik Numbered Heads untuk plajaran IPS materi suku bangsa dan budaya kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. SEDYA SANTOSA, S.S, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Numbered Heads, Hasil belajar IPS, SDIT Salsabila 3
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:15
Last Modified: 05 Aug 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item