PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI TKI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAM GEMBONG PATI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015

MUHAMMAD QOYYUM BAIHAQI, NIM: 09480126 (2016) PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI TKI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAM GEMBONG PATI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI TKI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAM GEMBONG PATI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015)
09480126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI TKI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAM GEMBONG PATI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015)
09480126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh pekerjaan ornag tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Hidaytul Isalam Gembong. (2) Seberapa besar pengaruh pekerjaan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Islam Gembong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif assosiatif. Penelitian assosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Terdapat 2 variabel di dalam penelitian ini yaitu variabel bebas atau variabel yang mempengaruhi dalam peneliian ini adalah pekerjaan orang tuadan variabel terikat atau variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas adalah motivasi. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tu siswa dan siswa yang berjumlah 14 siswa dan 14 orang tua siswa. Pengumpulan data dengan metode kuisioner atau angket untuk meneliti pengaruh pekerjaan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Uji validitas menggunakan one shot method, dan uji reabilitas menggunakan rumus cornbach alpha. Uji prasayarat analisis yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedstisitas, dan uji autokorelasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menghitung hipotesis. Ada Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Yang Bekerja Sebagai TKI terhadap Motivasi belajar Siswa MI Hidayatul Islam Gembong, Pati, Jawa Tengah, hal ini dibuktikkan dengan nilai (Variabel X – Y (7,250 > 2,250)), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari nilai R Square terlihat besaran sumbangan 0,686 atau 68,9% variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel disiplin kerja, sedangkan sisanya (100%-68,9%=31,1%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. SEDYA SANTOSA, SS. MP.d.
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Pekerjaan, Motivasi, Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:44
Last Modified: 05 Aug 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item