IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA I

NUR TANFIDIYAH, NIM. 12480006 (2016) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA I)
12480006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA I)
12480006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya mutu pendidikan nasional yang beawal dari rendahnya mutu pendidikan pada level pendidikan dasar, sebagai pendidikan yang menjadi landasan bagi pendidikan pada jenjang berikutnya. Pendidikan di Sekolah Dasar ataupun Madrasah Ibtidaiyah memegang peran penting dalam proses pembentukan kepribadian siswa. Adapun kepribadian siswa yang baik salah satunya tercermin dari hasil belajar berupa perubahan perilaku yang baik. Dalam hal ini perilaku yang sesuai dengan peraturan kelas yang telah disepakati. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) apa saja peraturan kelas yang dikembangkan sebagai upaya preventif terhadap perilaku menyimpang siswa dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV A di MIN Yogyakarta I, (2) bagaimana implementasi pengembangan peraturan kelas sebagai upaya preventif terhadap perilaku menyimpang siswa dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV A di MIN Yogyakarta I, (3) apa faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan peraturan kelas sebagai upaya preventif terhadap perilaku menyimpang siswa pembelajaran tematik terpadu kelas IV A di MIN Yogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atu responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu aktivotas dalam analisis data kualitatif secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil jenis peraturan kelas yang dikembangkan dan implementasi pengembangan peraturan kelas sebagai upaya preventif terhadap perilaku menyimpang siswa dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta I secara garis besar telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Carolyn M. Evertson dan Edmund T. Emmer, di mana peraturan kelas terdiri dari dua jenis, yaitu peraturan kelas tertulis dan peraturan kelas tidak tertulis. Untuk pelaksanaan pengembangan peraturan kelas dalam pembelajaran tematik terpadu secara umum sudah mampu mencegah perilaku menyimpang siswa di kelas dan berdaya guna dalam pembelajaran tematik terpadu serta berkontribusi terhadap prestasi hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peraturan kelas, Perilaku Menyimpang, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:59
Last Modified: 09 Aug 2016 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21535

Actions (login required)

View Item View Item