EFEKTIVITAS METODE SMART DISCIPLINE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SISWA KELAS IV C DI MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

SITI ZAHROH, NIM: 12480012 (2016) EFEKTIVITAS METODE SMART DISCIPLINE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SISWA KELAS IV C DI MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SMART DISCIPLINE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SISWA KELAS IV C DI MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SMART DISCIPLINE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SISWA KELAS IV C DI MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional atau EQ, didasarkan pada sesuatu yang disebut karakterisktik pribadi atau “karakter”. Keterampilan EQ bukanlah lawan keterampilan IQ, namun keduanya berinteraksi secara dinamis, baik pada tingkatan konseptual maupun di dunia nyata. Untuk mengasah EQ anak, maka sejak dini mereka harus dikenalkan dengan nilai-nilai yang mengatur kehidupan manusia, yang berguna untuk mendisiplinkan dirinya. Ada satu sistem disiplin yang sederhana, efektif, menarik, dan mengagumkan yang dikenal dengan nama metode Smart Discipline yaitu metode untuk mendisiplinkan anak sekaligus memperkuat hubungan antara anak dan guru, dengan cara menumbuhkan sikap baik dan mengatasi sikap buruk, serta memberikan konsekuensi tanpa merusak hubungan dengan anak. Anak harus mampu mengendalikan perilakunya dalam menjalankan proses metode Smart Discipline dengan mentaati berbagai macam peraturan yang didukung kemampuan memahami dengan emosi sebagai sumber energy yang merupakan pusat bertindak bagi seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi treatment/perlakuan metode smart discipline dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada siswa kelas IV C di MIN Tempel. Penelitian ini merupakan experimental research dengan jenis pre-experimental design dan menggunakan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan T-Test atau Uji T dengan Paired Sample T-Test. Hasil nilai pretest dan posttest smart discipline di ketahui –t0 < -tt (-9,844 < 2,045) dan hasil nilai pretest dan posttest kecerdasan emosional diketahui –t0 < -tt (-15,546 < 2,045), jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil wawancara dan observasi juga menunjukkan bahwa perbedaan signifikan yang terdapat pada pretest dan posttest smart discipline ataupun kecerdasan emosional menunjukkan bahwa metode smart discipline efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada siswa kelas IV C MIN Tempel tahun ajaran 2015/2016 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Smart Discipline, Kecerdasan Emosional.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:34
Last Modified: 10 Aug 2016 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item View Item