KOMPETENSI GURU PADA PENILAIAN AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Mu’ammila Rohmaniyah, NIM .12480078 (2016) KOMPETENSI GURU PADA PENILAIAN AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU PADA PENILAIAN AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU PADA PENILAIAN AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memberlakukan pembelajaran scientific. Salah satu dampak diberlakukannya kurikulum 2013 adalah pemahaman mengenai penilaian autentik dan pelaksanaannya. Dalam melakukan penilaian autentik dituntut kompetensi guru yang mumpuni untuk melaksanakan penilaian autentik. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Bodon. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV A, IV B, dan IV C. Objeknya adalah kompetensi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket respon peserta didik. Analisis data kualitatif ini menggunakan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menyelenggarakan penilaian autentik yang dilakukan di SD Muhammadiyah Bodon meliputi, 1) guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP, 2) guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, teknik yang digunakan yaitu teknik observasi untuk penilaian ranah sikap, teknik tes tertulis dan penugasan untuk penilaian ranah pengetahuan, dan teknik unjuk kerja untuk penilaian ranah keterampilan, 3) guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifiksi topik atau kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remidial dan pengayaan dengan menggunakan kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Penilaian Autentik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:43
Last Modified: 15 Aug 2016 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item