PENGARUH PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA

BAROTUT TAQIYAH, NIM. 12410053 (2016) PENGARUH PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
12410053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
12410053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BAROTUT TAQIYAH. Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-laki dan Perempuan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari beberapa masalah yang ditimbulkan dari percampuran kelas laki-laki dan perempuan. Beberapa diantaranya adalah siswa sulit fokus pembelajaran, siswa tidak percaya diri untuk aktif di kelas, sehingga motivasi belajar siswa menurun. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah memisah kelas peserta didik laki-laki dan perempuan, yang bertujuan agar siswa-siswi di dalam proses pembelajaran lebih fokus dan termotivasi juga menjaga pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Namun kenyataanya pemisahan kelas khusus putra dan kelas khusus putri juga memiliki beberapa masalah seperti, siswa lebih sering tidur di dalam kelas. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pemisahan kelas peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pengelompokan kelas integrasi siswa kelas X MA Sunan Pandanaran Yogyakarta, untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta, untuk menguji secara empiris model pengelompokan kelas integrasi berdasarkan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Sunan Pandanaran Sleman sebanyak 370 siswa yang terdiri dari kelas A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, dan N dengan jumlah sampel sebanyak 200 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 60 butir soal terdapat 56 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.715 untuk pengelompokan kelas integrasi berdasarkan jenis kelamin dan 0.654 untuk motivasi belajar siswa dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui korelasi dan uji regresi linier sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas Sistem pengelompoakn kelas integrasi berdasarkan jenis kelamin kelas X di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval 73 – 80. Motivasi belajar siswa kelas X di MA Sunan Pandanaran Sleman juga berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval 76 – 82. besarnya pengaruh model kelas integrasi berdasarkan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Sunan Pandanaran Yogyakarta sebesar (R Square) 0,150 atau 15%. Angka sig. (2-tailed) 0,0000.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa ada pengaruh antara model kelas integrasi berdasarkan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Sunan Pandanaran Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:19
Last Modified: 22 Aug 2016 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum