PENGARUH PROGRAM KELAS UNGGULAN TERHADAP KESENJANGAN PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN AJARAN 2015/2016

AHID ABDULLAH, NIM. 12410063 (2016) PENGARUH PROGRAM KELAS UNGGULAN TERHADAP KESENJANGAN PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM KELAS UNGGULAN TERHADAP KESENJANGAN PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM KELAS UNGGULAN TERHADAP KESENJANGAN PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

AHID ABDULLAH. Pengaruh Program Kelas Unggulan Terhadap Kesenjangan Prestasi Belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah ini adalah bahwa idealnya dengan adanya program kelas unggulan diharapkan mampu menjadi wadah bagi peserta didik yang mempunyai prestasi akademik di atas rata-rata untuk mengembangkan potensinya, namun kenyataannya dengan adanya program kelas unggulan terjadi kesenjangan prestasi belajar antara siswa kelas unggulan dengan siswa kelas reguler. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh program kelas unggulan terhadap kesenjangan prestasi belajar ISMUBA. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses kegiatan belajar mengajar ISMUBA di kelas unggulan dan reguler SMP Muhammadiyah 3 Depok, bagaimana prestasi belajar ISMUBA siswa di kelas unggulan dan reguler SMP Muhammadiyah 3 Depok, bagaimana pengaruh program kelas unggulan terhadap kesenjangan prestasi belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh program kelas unggulan terhadap kesenjangan prestasi belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok sebanyak 375 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi , wawancara , angket , dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir angket semuanya terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,890 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualifikasi program kelas unggulan dengan responden siswa kelas reguler berada dalam kategori cukup sedangkan kualifikasi program kelas unggulan dengan responden siswa kelas unggulan berada dalam kategori baik. 2) Prestasi belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok dapat diketahui bahwa 10% berada dalam kategori baik sekali; 21,25% berada dalam kategori baik; 33,75% berada dalam kategori cukup: 31,25% berada dalam kategori kurang; dan 3,75% berada dalam kategori sangat kurang. 3) Ada pengaruh yang signifikan program kelas unggulan terhadap kesenjangan prestasi belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,61 serta nilai thitung sebesar 6,806 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Program Kelas Unggulan, Prestasi Belajar ISMUBA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:49
Last Modified: 22 Aug 2016 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum