SKRIPSI PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METHODS TIME MEASUREMENT DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) PADA STASIUN PERAKITAN BLANGKON DI CV OMAH BLANGKON

TRIATMOJO PURBO WICAKSONO, NIM. 10660043 (2016) SKRIPSI PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METHODS TIME MEASUREMENT DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) PADA STASIUN PERAKITAN BLANGKON DI CV OMAH BLANGKON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METHODS TIME MEASUREMENT DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) PADA STASIUN PERAKITAN BLANGKON DI CV OMAH BLANGKON)
10660043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METHODS TIME MEASUREMENT DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) PADA STASIUN PERAKITAN BLANGKON DI CV OMAH BLANGKON)
10660043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (280kB)

Abstract

Keberadaan usaha kelompok masyarakat harus dioptimalkan produksinya untuk mewujudkan kesejahteraan sosial baik, tak terkecuali produksi blangkon di CV Omah Blangkon untuk meningkatkan produksi blangkon lebih baik lagi. Perusahaan mengalami peningkatan permintaan yang menyebabkan peningkatan produksi dan penyetokan. Namun peningkatan tersebut tidak diimbangi dengan gerakan kerja,waktu produksi, dan penataan stasiun kerja yang baik, sehingga menimbulkan kesan berantakan dan penempatan yang asal-asalan. Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian bertujuan mengetahui waste waktu dan tempat berdasarkan micromotion time measurement dan activity relationship chart (ARC). Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode micromotion time measurement didapatkan 18 gerakan idle dengan total waktu 401,59 detik pada tangan kanan, sedangkan pada tangan kiri yaitu 50 gerakan idle dengan total waktu 491,19 detik. Jumlah gerakan mencari sebagai gerakan tidak efektif pada tangan kanan yaitu 10 kali dengan total waktu 51,2 detik dan jumlah gerakan mencari pada tangan kiri 1 kali dengan total waktu 10,8 detik. Presentasi efisien waktu setelah re-desain stasiun kerja adalah 7,52%. Dengan menggunakan metode ARC dihasilkan perpindahan tata letak stasiun kerja dimana tempat wiru blangkon didekatkan dengan perakitan blangkon dan pencucian blangkon didekatkan dengan tempat penjemuran blangkon. Setelah dilakukan perbaikan stasiun kerja secara bertahap produksi akan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Bapak Syaeful Arif, M.T.
Uncontrolled Keywords: Produksi Blangkon, Micromotion Time Measurement, ARC, Peta Tangan Kiri Tangan Kanan, Stasiun Kerja, Idle, Tata Letak.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:50
Last Modified: 25 Aug 2016 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21793

Actions (login required)

View Item View Item