PENGARUH SHARIA GOVERNANCE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK SYARI’AH DENGAN REPUTASI PERBANKAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS DI BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY SYARIAH)

SITI YURAIDA, SKOM, NIM. 1420310008 (2016) PENGARUH SHARIA GOVERNANCE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK SYARI’AH DENGAN REPUTASI PERBANKAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS DI BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY SYARIAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SHARIA GOVERNANCE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK SYARI’AH DENGAN REPUTASI PERBANKAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS DI BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY SYARIAH))
1420310008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SHARIA GOVERNANCE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH BANK SYARI’AH DENGAN REPUTASI PERBANKAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS DI BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY SYARIAH))
1420310008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari perkembangan bank syariah yang cukup pesat namun tidak diikuti oleh market share-nya, sehingga diperlukan suatu startegi untuk meningkatkan market share bank syariah dengan mengimplementasikan syariah governance yang merupakan perpaduan antara GCG yang universal dengan implementasi terhadap prinsip-prinsip syariah (syariah compliance) dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan nasabah bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh GCG Syariah terhadap Reputasi dan Kepercayaan pada Bank BPD DIY Syariah. Variabel dalam penelitian ini ada 8, terdiri dari enam variabel independen, satu variabel mediasi dan satu variabel dependen. Variabel independen terdiri dari transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi, keadilan, dan syariah compliance, variabel mediasi adalah reputasi dan variabel dependen adalah kepercayaan. Obyek dari kajian ini adalah Bank BPD DIY Syariah dengan jumlah sampel sebanyak 123 responden dan dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan SEM dengan bantuan AMOS. Hasil penghitungan data menunjukkan bahwa implementasi syariah governance meliputi enam indikator yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi, keadilan, dan shariah compliance menunjukkan hasil yang variatif. Syariah compliance merupakan indikator Islamic government yang dominan. Implementasi shariah governance memiliki pengaruh yang signifikan pada reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Selamat Riauwanto, S.E., MM,
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, GCG Syariah, Reputasi, Kepercayaan, SEM, AMOS.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:42
Last Modified: 31 Aug 2016 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum